Manis Gurih Martabak Favorit

5 Tempat Ini Punya Martabak Telur yang Gurih Mantap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 16 Apr 2016 13:06 WIB
Foto: iStock/detikFood Foto: iStock/detikFood
Jakarta - Martabak telur disukai para pencinta makanan gurih. Isian telur bebek dan daging berpadu enak dengan kulit krenyes renyah. Nyamm!

Menikmati martabak telur rasanya jadi kegemaran banyak orang. Saat dimakan panas-panas, kulit martabaknya terasa renyah sementara bagian dalamnya empuk dan gurih. Hidangan ini konon berasal dari Yaman yang memiliki populasi India cukup besar.

Di Indonesia, kehadiran martabak telur kabarnya berawal dari perkenalan seorang pemuda asal Tegal dengan seorang pria India yang pandai membuat martabak. Sang pemuda India mengubah resep asli martabak dan menyesuaikannya dengan selera orang Jawa yang suka makan sayur dan tak banyak menyantap daging.


Tak sulit menemukan penjual martabak telur di Indonesia, terutama Jakarta. Hampir setiap penjual martabak manis, menawarkan martabak telur dalam menunya.

Untuk membuatnya, kulit martabak telur, adonan tepung terigu yang elastis dan berbentuk bola ditipiskan dengan cara dibanting dan diputar. Perlu keterampilan khusus agar adonan tak robek dan tipis merata.

Adonan lalu diletakkan melebar di wajan hampir datar yang berisi minyak panas. Biasanya minyak samin ditambahkan agar rasanya lebih enak. Sementara itu, adonan isian martabak terbuat dari telur, daging cincang, irisan daun bawang, bawang bombai, bawang putih, dan bumbu lainnya.


Telur yang dimasukkan sesuai pesanan, biasanya 2-5 butir telur ayam atau bebek. Banyak orang menyuaki telur bebek karena lebih gurih dan wangi. Daging yang dipakai bisa berupa daging ayam atau sapi. Adonan isi yang sudah dikocok rata lalu dituangkan di atas adonan kulit.

Adonan isi lalu ditutup dengan melipat adonan kulit seperti amplop. Martabak telurpun disiram-siram dengan minyak panas dan dibalik. Setelah bagian luarnya cokelat, martabak diangkat, dipotong-potong, dan dimasukkan ke dalam kotak kardus. Tak lupa bungkus acar dan kuah cuka ikut dimasukkan ke dalamnya.

Kalau mau mampir mencicip martabak telur, 5 tempat berikut bisa jadi pilihan:

1. Martabak Borneo


Gerai martabak Borneo tersebar di beberapa titik di Jakarta. Selain martabak manis dan martabak tipis kering (tipker) klasik serta premium, tersedia martabak telur dengan ragam pilihan. Telurnya bisa pilih bebek atau ayam dengan jumlah 2, 3, atau 4 butir telur. Isiannya ada telur daging sapi, telur kornet, telur sosis, telur tuna, atau telur keju. Kalau mau pedas, tersedia pilihan pedas dengan tambahan cabai rawit.

Martabak Borneo
Jl. Pejaten Raya No. 16
Pasar Minggu

Jl. Cikajang No. 74
Senopati

Delivery: 0811 1706603 atau 0878 77468174

2. Martabak 678
Berada di kawasan Kemang, Martabak 678 tawarkan ragam martabak manis dan telur. Khusus untuk martabak telur, ada pilihan isian dengan 2, 3, 4, dan 5 telur. Tersedia juga martabak tuna yang dibuat dari 3 telur.

Martabak 678
Jl. Kemang Selatan Raya No. 125A
Telepon: 021 71792838

3. Martabak San Fransisco


Tak hanya daging sapi biasa, martabak telur di sini tersedia dalam banyak pilihan rasa. Seperti daging sapi blackpepper, daging ayam blackpepper, smoked beef, ikan tuna, sosis bockwurst, dan vegetarian (campuran jamur dan jagung). Kalau mau racikan spesial, ada Special Mix Recipe Sapi dan Special Mix Recep Ayam. Paduan daging sapi atau ayam dengan smoked beef, sosis, keju, jamur, dan jagung.

Martabak San Fransisco
Jl. Bintaro Utama, Sektor 3A
Pondok Aren, Tangerang
Telepon: 021 33666610 atau 0853 11188822

Jl. Ir. H. Juanda, Beji, Depok
Telepon: 021 36441000

4. Martabak Alim
Mau martabak telur daging ayam, sapi, atau kornet? Martabak Alim menyediakannya dengan pilihan 3 telur ayam, 3 telur bebek, atau 5 telur bebek. Ada juga paduan rasa jagung dan ayam, kacang polong dan ayam, macaroni dan sapi, paprika dan sapi, seafood, serta campuran sayuran.

Martabak Alim
Jl. KH Taisir No. 9A, Palmerah
Telepon: 021 94944793 atau 0813 15307771

Jl. Tanjung Duren Raya No. 52A, Tanjung Duren
Telepon: 021 56961136

5. Holland Martabak Terang Bulan
Selain martabak manis yang enak, ada juga martabak telur di sini. Pilihan isiannya antara lain daging sapi, ayam, sosis, kornet, jamur, dan tuna. Kategori martabaknya ialah biasa, spesial, dan super.

Holland Martabak Terang Bulan
Jl. Boulevard Selatan, Kelapa Gading
Telepon: 0817 531911

Rest Area KM13,5, Karang Tengah, Tangerang
Telepon: 0817 531911

(adr/odi)