Penipuan Berkedok Festival Makan Palsu Kini Marak di Amerika

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 01 Apr 2016 14:32 WIB
Foto: Gonola
Jakarta -

Tiket murah festival makan dengan iming-iming mencicip kepiting sepuasnya tentu menggiurkan. Namun hati-hati, di Amerika banyak promo seperti ini ternyata penipuan!

Fox News (31/03) mengabarkan festival makan, terutama seafood, banyak berlangsung di Amerika. Seperti di Los Angeles yang bernama Super Crab Festival, di Philadelphia bernama Hot Garlic Crab Feed, dan di Houston bernama Crab America.

Berbagai promo menarik pun dijanjikan agar masyarakat berbondong-bondong membeli tiket masuk secara online. Faktanya, empat bulan berselang dari tanggal yang dijadwalkan, tidak ada satupun festival yang benar-benar berlangsung!

Situs Modesto Bee melaporkan setidaknya 21 festival makanan palsu diiklankan di situs-situs terkemuka seperti Groupon dan Facebook. Tak ketinggalan koran dan stasiun radio lokal setempat turut memuatnya.

Foto: Festival of Five Flags

Dalam iklan tercantum harga tiket masuk festival mulai dari 49 USD atau sekitar Rp 645.000. Tiket ini menjanjikan makan kepiting, salad, pasta, roti, dan dessert sepuasnya di festival Hot Garlic Crab Feed. Ada juga tiket seharga 99 USD atau sekitar Rp 1,3 juta untuk tambahan steak dalam menu all-you-can-eat.

Tanpa pikir panjang, banyak warga Amerika langsung menggesek kartu kredit atau debitnya guna membeli tiket online. Namun saat mendatangi lokasi acara yang dimaksud, mereka harus kecewa karena tak ada apapun di sana.

Salah satu korban penipuan, Yelper Roxy C. bercerita 2 hari sebelum festival berlangsung ia sempat menelpon pihak penyelenggara untuk menanyakan apakah kepiting yang akan disajikan telah melewati inspeksi. Penyelenggarapun meyakinkan Roxy bahwa festival tetap berlangsung.

"Saat datang ke lokasi, saya tidak melihat apapun dan siapapun. Hanya ada orang-orang marah dan kecewa seperti saya yang bertanya-tanya mengapa mereka (panitia) tidak pernah menghubungi kita!" tutur Roxy.

Foto: Crabshacks

Beberapa korban lain menuangkan kekesalannya di media sosial. Seperti Brian Ferenz di Twitter yang berkicau: "@Groupon Mengapa Anda mempromosikan acara penipuan Super Crab Festival pada 16 Januari di Phoenix. Semuanya palsu dan palsu. Kembalikan uang saya segera."

Menanggapi hal ini, Bill Roberts selaku Kepala Komunikasi Groupon berujar, "Kami selalu membantu pelanggan kami yang mengalami masalah dengan sebuah acara. Sayangnya, seperti dalam industri apapun, selalu ada pihak jahat yang menyulitkan orang lain. Kami sedang dalam proses merevisi kebijakan internal untuk mengidentifikasi dan menghentikan siapapun yang ingin merugikan pelanggan kami."

Consumer Reports merekomendasikan beberapa tindakan pencegahan agar terhindar dari penipuan festival makan seperti:

1. Perhatikan informasi dengan seksama di situs terkait. Contohnya, dalam salah satu situs yang diduga palsu yaitu dungenesscrabassociation.com terdapat banyak hal janggal dan kesalahan tata bahasa yang tersebar di seluruh halaman.

2. Jika ada pengalihan situs, perlu waspada. Terlebih jika diarahkan ke situs yang tidak terkait namun bertujuan menarik perhatian agar membeli tiket.

3. Periksa informasi kontak yang tersedia. Apakah nomor telepon yang tercantum bisa dihubungi? Apakah email pertanyaan dijawab pihak penyelenggara? Jika tidak ada yang menanggapi, bisa jadi ini palsu.

(adr/odi)