Suka Keju? Ini 9 Keju Enak dan Terbaik yang Ada di Mancanegara (1)

Fran Sisca - detikFood Rabu, 30 Mar 2016 16:24 WIB
Foto: Fox News
Jakarta - ​Keju bukan hanya ada di Italia atau Prancis. Banyak keju enak diproduksi di berbagai negera di Eropa. Pencinta keju wajib mencicipinya.​

Seperti yang dilansir dari foxnews (28/03) pecinta keju harus tahu bahwa keju bukan ​dari Italia saja​. Ada​ banyak​ keju terbaik di dunia ini yang berasal dari Perancis, Spanyol, Italia, dan Vermont.

1. Jasper Hill's Harbison, Greensboro Vermont



Keju Harbison merupakan keju paling laris karena kejunya yang diolah dari susu sapi​. Bagian​ ​luarnya berupa lapisan ​berwarna gelap dengan aroma kulit pohon​ yang diambil dari daerah di sekitarnya​.

Keju ini disajikan layaknya seperti ​daerah asal ​keju di Swiss​.​ Vacherin Mont d’Or yang dianggap illegal di Amerika Serikat karena susu yang digunakan merupakan susu ​sapi ​mentah.

Cara nikmat untuk menyantap keju ini​ dengan mengupas bagian atas dan menyendok krim keju langsung dari kulit yang menjadi wadahnya.

2. Rafael Baez's Monte Enebro, Avila, Spain



Rafael Baez merupakan pengola keju terkenal di dunia yang berbasis di kota Leon, Avila. ​I​a dan putrinya, Paloma membuat keju menggunakan susu kambing.

Dengan menggunakan cetakan berwarna abu-abu dan telah ditaburkan lada bubuk, ​blue cheese​ Roquefort ini menampilkan tekstur yang halus dan lembut​. Lembut creamy dengan aroma khas keju.​

3. Colston Bassett's Stilton, Nottinghamshire, England



Keju klasik ini diberi nama sesuai dengan tempat keju itu pertama kali dibuat, yaitu di desa Colston Basset, Nottingham, Inggris. Rasa keju yang manis dan creamy dibanding keju biru lainnya.

4. Durrus Farmhouse Cheese, Durrus, Ireland



Pada tahun 1979 pabrik susu Durrus Farmhouse, Cheese di Cork, Irlandia ​membuat keju silinder​ yang dianggap oleh para ahli keju ​sebagai​ keju terbaik di Irlandia.

Keju Durrus ini ​menebarkan​ aroma dan cita rasa rempah​. Karena proses pembuatannya masih secara tradisional ​dengan tangan atau manual.​

5. Bra Tenero D.O.P., Piedmont Italia



Dino Borri seorang kepala Eataly di New York, menyebutkan Bra Tenero terbuat dari olahan keju susu sapi terbaik di Piedmont. Keju ini dapat bertahan selama beberapa bulan ​dengan ​tetap mempertahankan rasa susu yang ​kuat.



(msa/odi)