Gurih Lembut Kuning Telur Asin yang Populer

Perhatikan Hal Ini untuk Memilih Telur Asin Enak

Maya Safira - detikFood Senin, 28 Mar 2016 19:33 WIB
Foto: iStock
Jakarta -

Telur asin cocok diolah jadi beragam sajian. Namun supaya enak, perlu teliti memilih telur asin yang sudah matang.

Telur asin dapat dipakai untuk pendamping makanan, saus sajian hingga isian kue. Supaya hasil masakan memuaskan, tentu perlu mencari telur asin yang tepat. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan telur asin matang seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Warna kulit



Pilihlah telur asin dengan warna kulit biru cerah dan bersih. Kualitas kurang baik jika warnanya kusam dan berbintik hitam. Pastikan pula permukaan telur mulus tanpa retak.

2. Putih dan kuning telur



Perhatikan juga isi dalam telur asin. Coba bagi dua telur asin, lihat bagian putih dan kuningnya. Cari bagian putih yang bersih cerah dan tidak kusam. Sementara kuning telurnya berwarna oranye kemerahan.

3. Tekstur



Telur asin yang baik tidak kenyal dan mudah dipotong. Bagian kuningnya lembut, masir (bertekstur seperti pasir) dan berminyak. Terkadang ada yang menempel pada kulit telur saat dikupas.

4. Aroma
Telur asin berkualitas bagus umumnya tidak amis atau bau busuk. Sebab bebek diberi pakan organik dan udang. Beda dengan bebek yang diberi makan ikan, hasil telurnya akan amis.

5. Uji telur



Untuk menguji telur asin, masukkan ke dalam wadah berisi air. Jika tenggelam, telur masih layak konsumsi. Namun jika agak mengapung, maka sudah terlalu lama disimpan. Telur sudah rusak apabila melayang dalam air.

(msa/msa)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com