Food Blogger Ini Buat Kreasi Serutan Alpukat yang Cantik Menggiurkan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 04 Mar 2016 11:42 WIB
Foto: Daily Mail Foto: Daily Mail
Jakarta - Roti panggang ber-topping alpukat sempat jadi tren media sosial tahun 2015. Kini food blogger Belanda gunakan pengupas sayuran untuk me​nyerut​ alpukat​ hingga cantik bentuknya​.

Colette Dike, food blogger asal Belanda, mengunggah ​ber​ragam ​sajian ​brunch cantik di Instagram 'Fooddeco.' Kebanyakan kreasinya menggunakan alpukat seperti pizza, ubi panggang, dan roti panggang.

Uniknya, alpukat tidak dihancurkan atau sekadar diambil dengan sendok. Colette justru menggunakan pengupas sayuran ​atau peeler ​untuk menghasilkan lembaran alpukat yang tipis. Ia membocorkan​ rahasianya​, pemilihan alpukat yang tidak terlalu matang penting guna menghasilkan warna hijau cantik​ dan tekstur yang kokoh renyah.​



"Warna dan kelezatan lembaran alpukat menjadikannya sangat fashionable," ujar wanita berusia 30 tahun ini.

Baginya, alpukat adalah buah yang sangat sehat dan photogenic. Selain dijadikan lembaran, alpukat bisa dibentuk bunga mawar atau disemprotkan menggunakan piping bag hingga menjadi titik. "Ini membuatnya jadi komponen penting dalam penataan masakan rumahan," tutur Colette kepada Daily Mail (03/03).

Wanita yang suka masak sejak umur 12 tahun ini memprediksi kepopuleran alpukat akan terus melesat, terutama dengan varietas baru seperti alpukat mini dan alpukat tanpa biji.

Menu brunch berbahan lembaran alpukat yang dibuat Colette antara lain roti panggang dengan hummus, lembaran daging, dan keju feta kocok; ubi panggang dengan telur goreng di atasnya; dan pizza polenta dengan tomat daging dan keju mozzarella.



Ada pula truffle alpukat yang dibuat dengan melubangi tengah alpukat dan diisi keju. Sementara bagian luarnya dibalur cincangan kacang almond dan pistachio.

Selain mudah dikreasikan, Colette menganggap lembaran alpukat sebagai alternatif karbohidrat yang baik dari pasta, mie, atau nasi.

Colette bercerita, "Contohnya saya membuat mie dari lembaran alpukat dan acar daikon putih dengan pelengkap cuka sushi dan dukkah. Menu ini jadi pendamping sushi yang enak."



Alpukat goreng juga dikatakan Colette akan populer sebagai pengganti kentang goreng biasa.

Di Inggris sendiri, meningkatnya kepopuleran alpukat tak lain karena celebrity chef Nigella Lawson yang menyoroti keun​ggulan​nya. Data Nielsen menunjukkan penjualan alpukat naik 27.9% tahun ini.

(adr/odi)