Jajan Enak di Staisun Kereta Api

Sambil Belanja Baju Bisa Mampir Jajan Bakso dan Pempek di Stasiun Tanah Abang

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 29 Feb 2016 17:13 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Nyaris 24 jam kawasan Tanah Abang tak pernah sepi, termasuk stasiun kereta api. Pegawai dan pedagang yang berlalu-lalang pun menikmati jajanan enak stasiun ini.

Stasiun Tanah Abang terletak di jalan Jatibaru, Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Stasiun ini sudah diresmikan sejak tahun 1910 oleh perusahaan kereta api swasta Hindia Belanda bernama Batavia Oosterspoorweg (BOS).

Salah satu stasiun transit besar ini berada di timur Kanal Banjir Barat dan di selatan Jembatan Layang Kalibaru. Hampir sama dengan Stasiun Jakarta Kota, Tanah Abang juga menjadi tempat pemberangkatan awal kereta api lokal tujuan Rangkas Bitung hingga Merak.

Foto: detikFood

Berlokasi di dekat kawasan Pasar Tanah Abang, stasiun yang memiliki dua lantai ini nyaris tak pernah sepi. Kebanyakan orang yang berkunjung untuk berbelanja baju grosiran dan eceran ini menggunakan transportasi kereta karena lebih murah dan cepat.

Di lantai atas terdapat gerai Roti O dan juga Roti Salman yang sering ramai jadi jajanan pengunjung yang menunggu kereta. Gerai ini jadi daya tarik karena berada dekat loket tiket.

Jika sepulang kerja atau berbelanja perut terasa lapar, Anda bisa mampir ke warung di sebrang stasiun atau jajan gerobakan di sepanjang pasar hingga stasiun.

Foto: detikFood

Dari pantauan detikFood (28/02), di pagi hingga sore Anda bisa menikmati semangkuk Soto Betawi, Soto Babat, Bakso, Mie Ayam, Masakan Padang hingga Soto Ayam Lamongan.

Disepanjang jalan sisi kanan dan kiri luar stasiun ada gorengan, rujak, kue jajanan pasar, cilok, pedagang buah, ketoprak, pempek, batagor hingga siomay.

Rata-rata harga jajanan yang ditawarkan mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000. Sedangkan untuk makanan berat rata-rata dijual dengan harga mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 25.000.

Foto: detikFood

Saat kami mengamati jajanan di sekitar stasiun Tanah Abang pada sore hari ternyata para pedagang yang berjualan di dekat tangga pintu masuk sudah mulai ditertibkan oleh Satpol PP dan seketika pedagang minuman hingga gorengan di dekat pintu masuk stasiun sepi.

Tapi jangan khawatir, untuk para pedagang yang sudah memiliki lapak tanah resmi di sebrang stasiun dapat berjualan hingga malam hari. Jadi tak ada salahnya mampir ke stasiun sambil mencicip makanan enak yang mengenyangkan!

(lus/odi)
Load Komentar ...