Ini Siasat Hemat Mengatur Belanja Makanan (2)

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 23 Feb 2016 12:11 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Karena sering dilakukan, belanja makanan terasa mudah dan murah. Padahal jumlahnya bisa lebih dari setengah penghasilan Anda.

Banyak makanan murah dijajakan orang tetapi belum tentu sehat dan bersih. Bagaimanapun makanan yang disiapkan di rumah akan lebih enak dan hemat. Cobalah siasati belanja makanan dengan cara ini agar lebih hemat.

6. Manfaatkan diskon

Jangan tergoda membeli bahan makanan hanya karena murah. Bisa jadi Anda justru lebih boros. Setiap hari ada promo dan diskon makanan segar dan kering di supermarket. Manfaatkan dengan baik.

Misalnya, tomat kalengan dan pasta yang tinggal sebulan kadaluarsa dijual dengan diskon lebih dari 50%. Makanan yang berkualitas ini bisa jadi menu pasta enak untuk makan malam. Belilah secukupnya agar tak lewat kadaluarsa. Dengan cara ini Anda bisa menikmati produk berkualitas dengan harga istimewa.

7. Manfaatkan bahan segar yang sedang musim



Setiap hari ada sayuran dan buah segar yang ditawarkan di supermarket karena sedang musim. Manfaatkan kesempatan ini untuk membeli sayuran dan buah terbaik dengan harga murah.

Seperti jeruk, apel, jamur, bayam, edame atau brokoli. Sesuaikan menu seminggu dengan bahan tersegar tersebut.

8. Beli daging dengan harga terbaik



Supermarket selalu menawarkan aneka bagian daging sapi tetapi tiap hari selalu ada promo yang berbeda. Seperti daging rendang dengan harga diskon atau daging sup dengan harga spesial.

Karena bisa dibekukan, tak ada salahnya membuat stok daging untuk dua minggu. Dengan cara ini Anda bisa lebih berhemat.

9. Kurangi konsumsi daging merah

Dibandingkan dengan ayam, ikan dan jenis seafood lainnya serta telur, daging sapi memang harganya paling mahal. Satu kilogram daging sapi setara dengan 2 ekor ayam.

Pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi daging sapi. Cukup seminggu sekali. Ganti dengan ayam dan ikan yang lebih sehat dan murah. Karena memerlukan dukungan lingkungan, daging sapi cenderung naik harganya.

10. Belanja online bahan segar



Kini Anda bisa beli sayuran dan bahan segar secara online. Harganya lebih murah dan Anda tak perlu keluar rumah dan membuang ongkos transpor untuk membeli.

Selain itu beberapa penjual bumbu online juga bisa Anda manfaatkan. Dari aneka saus, sambal hingga racikan bumbu siap pakai tersedia. Beanja online juga mengurangi godaan untuk belanja bahan makanan yang tak perlu.

(adr/odi)
Menu Ke-9 : Tempe Bakar dan Oseng Tempe Teri Bisa Jadi Lauk Enak di Tanggal Tua

Menu Ke-9 : Tempe Bakar dan Oseng Tempe Teri Bisa Jadi Lauk Enak di Tanggal Tua