Laporan dari Manila

Tsokolate Batirol, Minuman Cokelat Enak dengan Gurih Kacang

Maya Safira - detikFood Senin, 22 Feb 2016 19:17 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Saat cuaca dingin paling enak menikmati segelas hot chocolate. Di Filipina, ada minuman cokelat berpadu kacang yang dibuat dengan cara unik.

Dalam 15hr Food Frenzy Safari di Filipina, peserta diajak mengunjungi Everybody's Cafe. Restoran legendaris ini berdiri di San Fernando, Pampanga sejak tahun 1950an.

Selain punya beragam sajian khas Pampanga (Kapampangan), Everybody's Cafe pun menyuguhkan minuman cokelat terkenal dari Filipina yang tampak menggiurkan. Tsokolate Batirol namanya.

Tampilan minuman mirip dengan hot chocolate. Berwarna cokelat pekat dengan aroma wangi gurih cokelat. Bedanya, ada lamat-lamat wangi kacang dalam minuman. Benar saja, ternyata tsokolate dibuat dengan tambahan kacang tanah.

Dalam pembuatan pasta untuk minuman, Everybody's Cafe masih menggunakan penggiling batu tradisional. Biji cokelat dan kacang tanah panggang ditempatkan di bagian atas penggiling.



Kemudian tuas gilingan diputar secara manual, sampai kedua bahan halus. Perlu dua orang untuk memutar penggiling. Jika sudah licin, ada cairan kental berwarna cokelat pekat di cekungan tempat mengalirkan hasilnya.

Pasta cokelat kacang lalu dimasak bersama air dan susu hingga mendidih. Baru gula dicampurkan ke dalamnya. Setelah itu, minuman dipindahkan ke wadah kuningan berbentuk guci kecil yang disebut tsokolatera.



Bagian paling menarik adalah pemakaian alat khusus dari bahan kayu yang dimasukkan ke dalam wadah. Tongkat bernama batirol ini memiliki bagian ujung bulat bergeriri untuk mengaduk minuman.

Bagian pegangan tongkat yang panjang melebihi batirol, diputar ke depan dan belakang dengan telapak tangan guna menghasilkan buih dalam susu. Ini jadi teknik tradisional dalam pembuatan busa minuman.



Tsokolate Batirol memiliki tekstur kental creamy. Sedangkan rasanya cokelat pekat dengan jejak nutty enak. Citarasanya pun tidak terlalu manis. Hmm.. cocok untuk menghangatkan tubuh!

Sebenarnya tidak hanya Everybody's Cafe yang punya suguhan tsokolate batirol. Berbagai restoran di Filipina nampaknya juga menyuguhkan minuman cokelat enak ini. Termasuk Cafe Fleur, restoran lainnya di Pampanga.

(msa/odi)