Sedap Legendaris dari Solo

Jangan Lupa Bawa Karak dan Ampyang!

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Senin, 22 Feb 2016 17:12 WIB
Foto: detikFood, Wikipedia
Jakarta - ​Seperti kota lain, Solo juga punya koleksi buah tangan yang unik. Mulai dari intip atau karak, abon sapi, hingga ampyang yang legit renyah.​

​Beragam makanan kecil hasil industri rumahan mudah ditemui di toko oleh-oleh. Banyak ragamnya dan rasa dan harganya bervariasi. Beberapa penganan ini biasa ditenteng sebagai oleh-oleh.​


1. Intip



Foto: surakarta.go.id
Namanya unik, dan bentuknya mirip rengginang. Intip asli sebenarnya kerak nasi yang digoreng dan berbentuk seperti periuk. Bentuknya bulat sempurna, dengan rasa gurih dan dilumuri saus gul​a Jawa​. Teksturnya renyah gurih dengan semburat manis dari gula jawa​. Ada juga yang asin. ​
Intip bisa dibeli di Toko Era Jaya di Kalilarangan atau Pusat Oleh-Oleh Jongke.

2. Roti Kecik Ganep



Foto: Ganep
Bentuknya kecil-kecil sebesar jari. Bahan utamanya juga terbuat dari tepung ketan, lalu diolah dengan cara disangrai. Ada 3 bentuk yang ditawarkan Toko Ganep untuk produk andalan mereka ini, yaitu panjang, bulat, dan banjar.

Pembuatannya disangrai, jadi Anda tak perlu khawatir akan kandungan lemak atau kalori karena rendah kolesterol. Cocok dinikmati bersama teh. Cobalah datang ke tokonya di Jl. Sutan Syahrir 176 Tambak Segaran Solo.

3. ​Lapis ​Mandarijn



Foto: detikFood
Toko Roti Orion juga terkenal sejak dulu​ dengan lapis Surabaya dengan sebutan ​kue Mandarijn. K​ue bolu berlapis dua ini selalu ​jadi ​oleh-oleh​ favorit​. Teksturnya lembut, dan juga ada tiga pilihan jenisnya. Ada Mandarijn biasa, kismis, dan spesial. Toko Roti Orion tidak pernah sepi pengunjung dan termasuk toko roti legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1932. Jangan lupa mampir ke toko ini yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo no. 80, ya!

4. Abon Mesran Solo



Foto: Tentangsolo
Oleh-oleh yang satu ini bisa dijadikan pendamping makanan. Taburkan abon bersama nasi hangat, hidangan pun jadi lezat! Abon Mesran Solo ada yang terbuat dari daging sapi dan daging ayam. ​Ada yang pedas dan ada yang manis. ​Dikemas dalam ​kantong kertas berlapis plastik. Abon ini dibanderol tak lebih dari Rp 40.000. Jika ingin menikmatinya, Anda bisa membelinya di kawasan Kalilarangan, atau pusat oleh-oleh lainnya.

5. Ampyang



Foto: Wikipedia
Pencinta rasa manis akan suka dengan ampyang. Kacang tanah bulat-bulat yang dibalut gula jawa ini dicetak pipih dan bertekstur legit. Penganan supermanis harganya terjangkau dan mudah didapatkan. Anda bisa menemukannya di pusat jajanan atau Pasar Gedhe.



(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com