Sajian Spesial Valentine

Ekspresikan Cinta dengan Sajian Praktis dan Enak Ini

Maya Safira - detikFood Minggu, 14 Feb 2016 14:36 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta -

Hari Valentine terasa makin spesial bila membuat sendiri sajian untuk orang terkasih. Ada banyak cara mudah untuk menunjukkan cinta melalui makanan.

Tak sulit untuk membahagiakan pasangan. Jika bosan membuat kreasi cokelat untuk Valentine, Anda bisa juga meracik sup ataupun cappuccino spesial. Today.com membagi ide mudah untuk sajian Valentine.

1. Sup ayam



Foto: Today.com
Sup juga bisa jadi pilihan untuk Valentine berbeda. Jika biasanya sup diberi mie agar lebih padat gizi, sesekali coba kreasi baru yang unik. Buatlah sup dengan isian pasta bentuk hati.

Caranya, rebus lasagna sampai al dente. Lalu gunakan cookie cutter bentuk hati untuk memotong lasagna. Tambahkan pasta bentuk hati ini ke dalam sup ayam buatan Anda.

2. Cake bentuk hati



Foto: Thinkstock
Anda tak perlu membeli cake bentuk hati karena bisa membuatnya sendiri di rumah. Jika tak ada cetakan hati, panggang saja cake bentuk persegi dan cake bentuk bulat yang sama-sama berdiameter 20 cm. Tempatkan cake persegi di piring saji dimana salah satu sudut menghadap Anda, seperti bentuk wajik.

Potong cake bulat jadi dua bagian. Tempelkan masing-masing potongan di bagian atas dua sisi cake persegi, supaya berbentuk seperti hati. Kemudian beri frosting pada cake dan sajikan.

3. Cappuccino



Foto: Today.com
Bersama dengan dessert, sajikan hot chocolate atau cappuccino yang memiliki tampilan menarik. Coba taruh krim yang sudah dikocok lembut ke permukaan minuman. Ratakan dengan spatula atau pisau. Taruh stensil berbentuk hati di atasnya. Taburi dengan kayu manis atau bubuk cokelat. Kemudian angkat stensil. Sajikan segera.

4. Cake tanpa tepung



Foto: Today.com
Jika sulit membuat cake bentuk hati, berkreasi saja dengan cake super mudah tanpa memakai tepung. Untuk membuatnya, lelehkan 115 gr chocolate chip dengan 4 sdm mentega. Aduk sampai tekstur halus. Setelah agak dingin, masukkan 2 telur utuh, 2 kuning telur, 2 sdm gula, 1 sdm maizena, dan sedikit garam.

Pindahkan adonan dalam ramekin yang sudah diberi mentega dan taburan tepung supaya tidak lengket. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 13 menit. Diamkan 5 menit saat sudah matang. Baru tempatkan dalam piring. Sajikan hangat bersama taburan bubuk gula.

(msa/odi)