Wouw! Foto Kentang Jepretan Fotografer Ini Laku Terjual Rp. 15 Miliar

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Rabu, 27 Jan 2016 06:17 WIB
Foto: Oddity Central
Jakarta - Karena suka kentang seorang fotografer tak hanya sebatas menikmatinya. Kentang pun ia jadikan objek foto yang indah dengan nilai jual yang fantastis!

Kevin Abosch, seorang fotografer yang diperhitungkan di dunia. Prestasinya sebagai fotografer sudah tak diragukan lagi. Karya fotonya berkaitan dengan potret figur terkenal seperti Sheryl Sandberg, Eric Schmidt, Jack Dorsey, Johnny Depp, Steven Spielberg, Dustin Hoffman, Dennis Hopper, dan Malala Yousafzai.

Tapi, ada yang berbeda dengan karya seninya yang satu ini. Ia memotret kentang, salah satu umbi yang diakuinya sebagai salah satu benda yang ia kagumi. Menurutnya, kentang itu unik karena kentang mirip dengan manusia. Semua kentang sama, namun bentuknya tak ada yang persis, seperti manusia. Setiap kentang punya bentuk dan lekukan unik.



Dilansir dari Bussiness Insider (26/1), obsesi Kevin Abosch akan kentang uniknya tak pernah berhenti. Tak sedikit kentang yang ia dandani sendiri, seperti memberi warna emas.

Salah satu foto favortinya, sebuah kentang bundar yang menunjukkan dengan jelas kulit kentang yang berwarna kecokelatan dengan serabutnya, berlatar belakang warna hitam.

Karya fotonya ini telah terjual seharga 1 juta Euro, atau sekitar Rp 15 miliar. Kevin mengakui foto ini bukan foto kentang satu-satunya dan pertaman, ia telah mengabadikan beragam macam bentuk kentang dengan latar belakang yang berbeda.



Karyanya yang paling mahal ini ia cetak dalam ukuran 162x162cm dan diberi nama ‘Potato #345 (2010)’. Foto ini kemudian dipajang pada studionya di Paris. Tak berapa lama, seorang teman fotografer yang berusia 47 tahun ini datang dan memandangi foto kentang ini.

Saat itu mereka sedang minum wine dan temannya menyatakan ia mengingini foto tersebut. Mereka pun bernegosiasi harga sekitar 2 minggu kemudian.

Nilai yang terjual itu sangat jauh lebih tinggi dibanding ketika Kevin diminta untuk mengambil gambar orang-orang terkenal. Biasanya, ia menerima bayaran sekitar USD 150.000 atau sekitar Rp 2 miliar rupiah untuk mengerjakan foto orang terkenal.



(tan/odi)