India dan Tunisia Juga Punya Makanan Pedas yang Enak (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 24 Jan 2016 09:53 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Makanan pedas membuat tubuh segar dan bersemangat. Selain Indonesia, China, Thailand hingga India juga punya koleksi hidangan pedas yang enak.

Rasa pedas didapat dari pemakaian cabai dan rempah-rempah. Keduanya diyakini memperlancar aliran darah, memberi asupan vitamin. Beberapa hidangan pedas dari negara-negara ini patut dicicipi.

1. China
Hidangan Sichuan sering menggunakan kombinasi antara cabai hijau sedar dan cabai merah kering. Sichuan hot pot sering menggunakan kombinasi cabai kering, chilli oil dan merica. Sedangkan Mapo tofu dibuat dengan bumbu yang mengandung cabai kering yang dikenal dengan nama doubanjiang.

Di Hunan, masakannya lebih dianggap pedas daripada Sichuan. Salah satu menu yang terkenal pedas adalah kepala ikan kukus yang disajikan dengan saus cabai. Selain itu ada juga Sichuan Huo Guo, sajian hot pot pedas yang terbuat dari cabai kering, chilli oil, jahe, bawang putih yang disantap dengan aneka daging dan sayuran segar.



2. India
Tak hanya dibuat dengan campuran rempah-rempah, makanan India juga dipadukan dengan cabai yang pedas. Vindaloo, hidangan kari populer di wilayah Goa, Konkan dan sekitarnya. Rasanya yang pedas menjadi salah satu menu yang disukai banyak orang di India dan termasuk dalam menu rumahan.




3. Korea
Walaupun tak sepedas penggunaan cabai rawit, Banyak hidangan Korea yang dipadukan dengan gochujang atau pasta cabai. Tteokbokki, kue beras yang dimasak dengan saus pedas berwarna merah. Selain itu, ada juga menu pedas lain yang bernama Buldak, daging ayam pedas khas Korea ini dimasak dengan Korean chilli paste, soy sauce hingga gula. Rasanya pedas, gurih dan dilengkapi dengan lelehan keju di bagian atasnya.



4. Thailand
Terkenal dengan rasa makanannya yang eksotik, Thailand banyak sajikan berbagai makanan berkuah hangat dengan campuran santan dan rempah. Dalam sajian kuah santan sering kali ditambahkan dengan gerusan cabai kasar atau cabai hijau ke dalam kuanya sehingga rasanya pedas, asam karena ditambahkan dengan jeruk limau dan daun jeruk. Cocok untuk Anda penggemar sajian pedas.

(lus/odi)