ADVERTISEMENT

Minuman Penghangat Badan

Mau Menikmati Wedang Enak? Mampir Saja ke 6 Tempat ini

Maya Safira - detikFood
Jumat, 22 Jan 2016 15:19 WIB
Ilustrasi: Detikfood
Jakarta - Wedang atau minuman panas dengan bahan penuh rempah mampu menghangatkan badan. Ada beberapa tempat di Jakarta dan sekitarnya yang menyediakan minuman tradisional ini.

Wedang uwuh, jahe, dan ronde termasuk varian wedang favorit. Sehingga cukup banyak restoran dan rumah makan menyajikannya. Terutama yang bergaya Jogja atau Solo. Jika ingin menikmati jenis wedang tertentu, coba saja ke sini.

1. Suwe Ora Jamu



Foto: Suwe Ora Jamu
Kedai jamu bernuansa antik ini punya beragam racikan jamu. Digolongkan ke dalam jamu untuk pria, wanita, anak-anak, sampai jamu untuk berbagai penyakit. Suwe Ora Jamu juga menyediakan wedang. Ada Wedang Ronde yang berisi bola beras ketan dengan kacang tanah tumbuk, disajikan bersama air jahe panas beraroma sereh. Wedang jahe dan wedang uwuh pun bisa dinikmati di sini.

Suwe Ora Jamu
Jl. Petogogan I No. 28B
Kramat Pela, Gandaria Utara
Jakarta Selatan
Telp: 021-72790590

Jl. Warung Jati Barat No. 2
Pasar Minggu
Jakarta Selatan
Telp: 0217900879

2. Gudeg Prabu



Gudeg Prabu menyediakan gudeg gaya Solo. Disamping itu, ada aneka wedang di sini. Seperti Wedang Jeruk, Wedang Tape dan Wedang Uwuh. Wedang Uwuh, misalnya, disajikan panas dalam mangkuk tanah liat. Racikannya terdiri dari secang, jahe, daun sirih dan gula batu. Rasanya agak pedas berempah yang membuat badan terasa hangat.

Gudeg Prabu
Jl. Punak No. 3 Komplek AL
Pangkalan Jati, Cinere
Depok
Telp: 021-70639114, 93502210

3. Selera Meener



Meski punya andalan hidangan tradisional dan kolonial, Selera Meneer juga menyediakan menu wedang. Seperti Wedang Kacang Tanah dengan kacang tanah berukuran besar yang empuk karena sudah dimasak selama 5 jam. Pelengkap kacang berupa rebusan santan, jahe dan gula merah. Rasanya manis gurih mirip bajigur. Selain itu, terdapat pula menu Wedang Ronde.

Selera Meener
Jl. Ahmad Dahlan No. 30
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp: 021-29055155/57

4. Mbok Ne An Cuk



Kedai dengan lesehan dan meja makan sederhana ini mengusung menu utama ketan susu dan wedang ronde. Varian ketan ada banyak, baik rasa manis maupun gurih. Sebagai penghangat badan, terdapat Wedang Jahe dan Wedang Ronde. Menu Wedang Ronde berisi bola ketan kenyal dan kacang cincang dalam kuah jahe yang menghangatkan.

Mbok Ne An Cuk
Jl. Inspeksi Kalimalang No. 17
Kalimalang
Jakarta Timur

Jl. Radin Inten II (Depan Buaran Plaza)
Jakarta Timur

5. Klangenan Gallery Resto



Foto: Klangenan Gallery Resto
Restoran ini menawarkan aneka masakan rumah khas Jawa. Minuman seperti wedang juga tak terlewatkan di Klangenan Gallery Resto. Variannya cukup lengkap. Antara lain Wedang Tahu, Wedang Coro, Wedang Jahe, Wedang Ronde, Wedang Klopo, Wedang Uwuh, dan Wedang Tape.

Klangenan Gallery Resto
Cilandak
Jakarta Selatan
Telp: 021-78836806/7

6. Masakan Rumah Bu Endang



Ilustrasi: Detikfood
Masakan Rumah Bu Endang menyajikan menu Jawa gaya rumahan yang terkenal enak. Membuat banyak publik figur terkenal yang pernah mampir ke sini. Untuk minuman hangat, Bu Endang punya beberapa pilihan wedang. Misalnya Wedang Jahe, Wedang Secang, Wedang Sere, dan Wedang Ronde.

Masakan Rumah Bu Endang
Jl. Cipete Raya No. 16C
Jakarta Selatan
Telp: 021-23717458

(msa/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT