Inilah Pengucapan Quinoa, Edamame hingga Guacamole yang Benar!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 20 Jan 2016 13:26 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Tiap makanan punya nama asli daerah yang punya​ pengucapan​ unik​. ​Ada baiknya ketahui penyebutan ​makanan ini dengan pelafalan yang ​benar​.

Co-Operative bekerjasama dengan Kamus Oxford English menyusun dan memberikan panduan untuk menunjukkan pelafalan yang benar dalam penyebutan bahan makanan yang dilansir dalam Independent (18/01).

1. Quinoa
Serealia yang satu ini menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Quinoa disebut sebagai serealia semu karena bijinya bukan dihasilkan dari tanaman suka padi-padian. Quinoa mengandung protein yang baik untuk menjaga kesehatan otot. Penyebutan Quinoa yang benar adalah 'keen-wah'.

Foto: Thinkstock

2. Tzatziki
Cara membaca Tzatziki yang benar adalah 'tsat-si-key'. Ini merupakan saus Yunani yang biasa digunakan untuk menikmati daging panggang. Tzatziki terbuat dari yoghurt domba yang biasa dicampur dengan mentimun, bawang putih, garam, minyak zaitun, cuka hingga daun dill.

3. Parmigiano Reggiano
Keju bertekstur keras ini terbuat dari susu sapi yang diproduksi di beberapa daerah di Italia oleh pembuat keju yang tergabung dalam Consorzio Parmigiano-Reggiano. Consorzio Parmigiano-Reggiano merupakan suatu organiasai mandiri yang mengurusi pengolahan produk susu.

Di Argentina, Australia dan Amerika Serikan, keju ini sering disebut dengan keju parmesan. Agar tak keliru, Anda dapat mengucapkan Parmigiano Reggiano dengan 'par-mee-djah-no-rehd-djah-no".

Foto: Thinkstock

4. Edamame
Kacang asal Jepang ini memiliki tekstur yang empuk dan sangat cocok disajikan untuk camilan atau campuran makanan. Edamame dapat dibaca dengan 'ed-a-mar-mei'. Kacang ini mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit.

5. Gnocci
Gnocci harus dibaca 'nyohk-kee'. Makanan ini merupakan pasta kentang yang bertekstur kenyal dan gurih. Selain disajikan dengan keju, Gnocci juga sering dipadu padankan dengan aneka saus pasta seperti pesto hingga bolognaise.

Foto: Thinkstock

6. Anise
Anise dibaca 'an-is'. Anise merupakan rempah yang memiliki rasa mirip dengan adas manis. Rempah jenis ini banyak digunakan dalam masakan negara-negara Asia.

7. Guacamole
Guacamole memiliki pelafalan 'gwah-kah-moh-leh'. Guacamole adalah makanan tradisional khas Meksiko yang terbuat dari buah alpukat halus yang ditambahkan dengan lemon dan juga garam. Seringkali guacamole dijadikan sebagai saus cocolan untuk tortilla chips.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com