Inilah 4 Tips untuk Menikmati Bibimbap yang Enak

Maya Safira - detikFood Selasa, 19 Jan 2016 16:04 WIB
Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta - Bibimbap, nasi komplet dari Korea yang populer di dunia. Ada beberapa cara menikmati agar racikan Bibimbap terasa makin enak.

Sajian khas Korea ini umumnya terbuat dari paduan nasi, sayuran, telur dan daging cincang. Tambahan saus gochujang menambah hentakan rasa pada bibimbap.

Menurut Louie Ngo dari Rock & Seoul Bibimbap Bar Filipina, bibimbap bisa jadi dasar untuk memadukan rasa tradisional dan fusion. Inilah 4 hal yang perlu diketahui mengenai bibimbap dan cara berkreasi agar sesuai selera, seperti dilansir dari Philippine Daily Inquirer.

1. Rahasianya ada dalam saus



Bibimbap mungkin termasuk hidangan sederhana. Menurut Louie, pada dasarnya bibimbap merupakan nasi, protein dan sayuran yang disajikan dalam mangkuk batu. Ia menyebut bahan apa saja bisa dicampur untuk bibimbap.

Tapi rasa bibimbap tidak akan sempurna tanpa satu bahan utama. Louie mengatakan bahwa saus Gochujang (pasta cabai) harus selalu ada dalam bibimbap. Pemakaiannya memberi rasa pedas manis berbeda pada makanan Korea.

"Mencampur saus Gochujang membentuk rasa berbeda. Karena saus ini memberi perbedaan rasa tiap kali dicampur ke dalam jenis makanan tertentu," jelas Louie lebih lanjut.

2. Bisa disesuaikan dengan selera



Di Korea, bibimbap dianggap salah satu hidangan paling umum. Tiap keluarga di sana biasanya memiliki racikan khas tersendiri. Sehingga ada banyak jenis bibimbap.

Karena itu, ada restoran yang membuat kombinasi baru bibimbap. Misalnya Rock & Seoul di Filipina membuat menu American Bibimbap. Sajian ini memakai bacon sebagai protein utama dan kentang untuk sayurannya.

"Ini semua terkait apa yang Anda inginkan pada hari itu dan anggap bibimbap sebagai cara menggabungkan semua makanan favorit Anda dalam satu piring," ujar Louie.

3. Banchan jadi bagian dari pengalaman makan



Keberadaan banchan (sajian pelengkap) jadi bagian dari pengalaman makan bibimbap yang enak. "Di Korea, saya amati mereka selalu menyajikan beberapa sayuran seperti kimchi sebelum menghidangkan bibimbap. Ini membantu Anda menentukan apa yang benar-benar diinginkan sehingga Anda bisa memilih campuran enak untuk bibimbap," ungkap Louie.

4. Campur bibimbap dengan tepat

Ilustrasi: migrationology.com

Setelah dihidangkan, campurlah bibimbap dengan benar. "Ini membantu dalam mematangkan bahan karena mangkuk batu atau piring yang dipakai memiliki panas yang sesuai. Secara tradisional, bibimbap disajikan dengan telur mentah di atasnya sehingga pencampuran membuat telurnya matang," jelas Louie.

Namun meski kebanyakan restoran menyediakan telur matang untuk bibimbap, Anda tetap harus mengaduk nasi dan toppingnya bersama-sama. "Inti dari bibimbap adalah menikmati rasa berbeda (sekaligus) untuk membentuk citarasa khas yang akan terus Anda cari," tutup Louie.

(msa/odi)