Makan Enak di Warteg

Mau Makan Kenyang dan Murah? Perhatikan 4 Hal Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 17 Jan 2016 16:04 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
FOKUS BERITA Makan Enak di Warteg
Jakarta - Kalau tak biasa makan di warteg, sebaiknya perhatikan hal penting. Agar harga yang dibayarkan tak kemahalan.

Saat makan di tempat yang belum pernah dikunjungi, sering kali terjadi 'getok' harga. Terlebih lagi karena warteg memiliki harga satuan setiap lauknya dan harga bahan makanannya cenderung tidak stabil. Inilah 4 tips yang bisa Anda terapkan saat makan di warteg.

Foto: detikFood

1. Bertanya
Bertanya sebelum membeli sepertinya harus Anda terapkan sehari-hari. Karena, jika Anda tak terbiasa makan di warteg, bisa jadi Anda tergoda memilih lauk dan justru saat membayar harganya bisa jadi lebih mahal.

Sebelum memesan, sebaiknya tanya dulu harganya. Bahan makanan seperti ikan, jengkol, ayam dan telur harganya cenderung tidak stabil alias naik turun. Sehingga perlu bertanya agar makanan yang Anda pesan cocok dengan budget Anda.

2. Jenis menu
Jika makan nasi dengan lauk ayam dan daging tentu berbeda. Dengan melihat jenis menu, Anda juga dapat memprediksi harga yang harus dibayar. Agar aman dan tak terkena 'getok' harga, sebaiknya pilih menu yang populer seperti telur atau ayam yang berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000 dengan nasi dan kuah sayur.

Foto: detikFood

3. Warteg langganan
Selain ada di sekitar pemukiman, warteg juga banyak di dekat perkantoran atau sekolah. Agar Anda tak tertipu harga dan bisa tetap hemat, sebaiknya datang ke warteg langganan. Atau jika ragu, Anda bisa bertanya kepada teman yang sering makan di situ untuk kisaran harganya.

Foto: detikFood

4. Cek harga
Walaupun sebelumnya sudah bertanya harga, tapi tak ada salahnya jika Anda bertanya kembali makanan dan minuman yang Anda makan sebelum membayar. Anda bisa bertanya harga setiap lauk yang Anda makan dan cocokkan dengan harga yang sebelumnya sudah di informasikan.

(lus/odi)
FOKUS BERITA Makan Enak di Warteg