Inilah 5 Bagian di Dapur yang Harus Anda Bersihkan Tiap Hari

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 10 Jan 2016 12:35 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Acara memasak bisa menyisakan banyak kotoran bekas makanan seperti minyak. Setelah memasak, ada baiknya Anda membersihkan bagian ruang dapur agar makanan tidak tercemar bakteri.

Beberapa bagian di dapur perlu Anda bersihkan setiap hari. Untungnya, spot-spot ini tidak perlu banyak waktu untuk membersihkannya. ‚ÄčI‚Äčnilah 5 bagian di dapur yang harus dibersihkan setiap hari.

1. Wastafel



Wastafel merupakan salah satu tempat yang paling kotor di dapur. Wastafel sangat mudah dibersihkan dengan bahan alami. Anda dapat membersihkannya dengan cuka atau desinfektan yang dibeli di toko. Cara membersihkannya adalah dengan menggosok secara menyeluruh dan mensterilkannya dengan air panas agar bakteri yang dihasilkan dari sisa makanan dapat terangkat.

2. Meja dan kompor



Meja dapur dan kompor sering terkena cipratan minyak ataupun bekas makanan. Agar sisa-sisa makanan tidak terselip dalam kompor, Anda perlu membersihkannya dengan cara menggosoknya dengan sikat kecil dan mengelap meja atau counter dengan lap basah yang dicampurkan dengan sedikit air sabun.

3. Sponge cuci piring



Menurut Housekeeping, cara yang paling efektif untuk membersihkan spons adalah dengan merendamnya ke dalam pemutih. Akan tetapi hal ini dapat menimbulkan kontaminasi bahan kimia. Sehingga Anda dapat membersihkannya dengan cara mencucinya ke dalam cuci piring dan merendamnya ke dalam cuka.

4. Meja makan



Pada dasarnya, setiap sehabis makan Anda harus mengelapnya setiap hari. Jika hal ini tidak dilakukan maka remahan-remahan makanan bisa mendatangkan semut.

5. Kulkas



Saat Anda menyimpan makanan atau minuman dalam kulkas bisa saja makanan tersebut tumpah. Jika hal ini terjadi, Anda dapat mengelapnya hingga kering dan bersih. Selain itu, maksimal dua minggu sekali dan Anda juga harus menyeleksi makanan yang baik atau sudah kedaluwarsa. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pewangi kulkas agar kulkas terhindar dari aroma sedap. Bahan alami yang dapat memberikan aroma segar adalah kopi. Karena kopi dapat menyerap bau di dalam kulkas.

(msa/odi)