Agar Pasta Jadi 'Al Dente' Hindari Hal Ini Saat Merebusnya (2)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 05 Jan 2016 12:02 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kunci kelezatan sajian pasta adalah pengolahannya yang tepat. Tekstur pasta yang lembek atau menggumpal dapat dihindari dengan cara-cara sederhana​.​

Tekstur pasta 'al dente' artinya saat digigit bagian luarnya lunak tetapi bagian tengahnya masih sedikit keras. Tekstur ini paling ideal untuk pasta terutama jenis pasta panjang seperti spaghetti. Hal berikut juga sebaiknya tidak dilakukan​ agar pasta matang dengan tekstur 'al dente'.

​8. Tidak mengaduk pasta

The Daily Meal

Ketika pasta dimasukkan ke dalam air rebusan, maka temperatur air menurun selama 1 hingga 2 menit setelahnya. Untuk mencegah pasta lengket, aduk-aduk pasta hingga temperatur air kembali mendidih. Ditandai dengan buih-buih permukaan yang kembali bermunculan.

9. Tidak menggunakan panci berukuran tepat

The Daily Meal

Menggunakan panci kecil tidak membuat pasta lebih cepat matang. Sebaliknya, hal ini dapat membuat pasta lengket dan menggumpal. Gunakan panci berukuran lebih besar agar pasta punya 'ruang' saat direbus.

10. Tidak memakai cukup air

The Daily Meal

Tekstur pasta al dente didapat dari rasio air dan pasta yang tepat. Sebagai perbandingan, gunakan sekitar 4,7 liter air untuk tiap 450 gram pasta yang direbus.

11. Membilas pasta setelah direbus

The Daily Meal

Tidak perlu membilas pasta setelah direbus. Hal ini dapat menghilangkan pati yang berguna untuk membuat saus menempel pada pasta dan mengurangi cita rasanya. Namun kondisi ini tidak berlaku saat Anda ingin menyajikan cold pasta salad. Anda justru perlu membilas pasta setelah direbus untuk mencegah pasta lengket saat dingin.

12. Merebus dengan air panas

The Daily Meal

Banyak orang berpikir menggunakan air panas dapat memangkas waktu perebusan pasta karena lebih cepat mendidih. Faktanya, baik air dingin maupun air panas membutuhkan waktu yang sama untuk mendidih. Air dingin justru lebih baik karena menyerap panas lebih cepat.

13. Terlalu banyak saus

The Daily Meal

Menambahkan terlalu banyak saus akan merusak cita rasa pasta. Karenanya orang Italia hanya menggunakan sedikit saus pasta. Jangan lupa biarkan pasta sedikit lembab agar saus dapat menempel sempurna.

(lus/odi)