Pesta BBQ Tahun Baru

Bersihkan Panggangan dengan Cara Praktis Ini agar Tetap Awet

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Jumat, 01 Jan 2016 10:39 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta -

Usai pesta BBQ, saatnya membersihkan peralatan. Bumbu dan saus sering membuat alat-alat ini kotor dan berkerak. Ada teknik khusus yang membuat alat ini kembali bersih.

Pemanggang atau grill terbuat dari beragam bahan. Masing-masing perlu dibersihkan dengan cara tertentu agar bersih benar dan tidak cepat rusak.

1. Grill pan
Alat pemanggang ini lebih praktis dan ringkas. Permukaannya biasanya antilengket dan bisa digunakan di atas kompor. Campurkan garam dan air dan tuang ke dalam pan grill hingga kotoran terendam. Panaskan sebentar dengan api kecil.

Matikan api, lalu gosok-gosok permukaan dengan busa hingga kotoran bersh lalu bilas. Cuci dengan spons dan air sabun hangat dan bilas hingga bersih dan keringkan.



2. Stainless steel
Panggangan yang terbuat dari stainless steel dilapisi dengan bahan bernama chromium oxide. Kotoran dan minyak bisa menyebabkan korosi jika tak dibersihkan. Rendam panggangan dengan air panas, biarkan beberapa saat hingga kotoran mengelupas.

Cuci dengan campuran sabun dan air hangat. Bilas dengan air bersih dan tiriskan.



3. Besi
Panggangan yang terbuat dari besi banyak disukai karena bisa menghantarkan panas dengan cepat dan tahan lama. Bahan ini juga memerlukan teknik pembersihan khusus.

Rendam grill dengan air panas yang diberi sedikit cuka masak hingga kotoran mengelupas. Sikat dengan sikat besi hingga seluruh kotoran terangkat. Gosok dengan busa dan air sabun hangat hingga bersih, bilas hingga bersih. Keringkan permukaan grill dengan kain kering dan pastikan bahwa grill benar-benar kering.



4. Antilengket
Memakai produk ini memiliki kelebihan khusus, yaitu tidak akan sulit membersihkan kotoran lengket. Sebelum membersihkan, bersihkan semua sisa makanan dari permukaan grill.

Pisahkan semua bagian-bagian grill dan celupkan spons ke dalam air sabun. Gosok bagian grill dengan spons halus yang sampai bersih, dan cuci dengan air hingga bersih dan keringkan.



(tan/odi)