Kuro Tamago, Telur Berkulit Hitam yang Dipercaya Memperpanjang Usia

Maya Safira - detikFood Jumat, 01 Jan 2016 10:06 WIB
Foto: Thinkstock/Oddity Central
Jakarta -

Biasanya telur memiliki warna kulit cokelat muda atau putih. Tapi di Jepang ada kulit telur yang berwarna hitam!

Salah satu makanan unik di daerah dekat Gunung Fuji adalah kuro tamago atau telur hitam. Kuro tamago sangat terkenal di Hakone, Jepang. Banyak dijual di toko-toko sekitar kota.

Meski tampak unik, sebenarnya kuro tamago merupakan telur ayam biasa. Warna hitam pada kulit telur berasal dari perebusan di kolam air panas kaya sulfur.



Adanya belerang dalam air bereaksi dengan kulit telur. Membuat warnanya hitam dengan sedikit rasa dan aroma belerang dalam telurnya.

Telur biasa dimasak dalam jumlah besar dengan air dari sumber yang terletak di atas bukit. Telur ditempatkan dalam wadah logam besar kemudian dimasukkan dalam air bersuhu 80 derajat Celcius selama satu jam.



Telur lalu dikukus dengan suhu 100 derajat Celcius selama 15 menit. Hasilnya kulit telur sepenuhnya hitam. Namun bagian dalamnya masih putih dan kuning seperti telur biasa.

Kolam untuk merebus telur sendiri berlokasi di Owakudani, dekat Hakone. Owakudani yang dikenal 'Great Boiling Valley', merupakan kaldera vulkanik besar yang terbentuk 3.000 tahun lalu ketika Gunung Hakone meletus.

Ledakan yang begitu kuat membuat daerah ini masih aktif dengan kolam berisi didihan air yang mengeluarkan uap dan asap vulkanik dari sulfur dioksida serta hidrogen sulfida.



Meski tidak terdengar seperti tujuan wisata ideal, tiap tahunnya banyak orang mengunjungi Owakudani mencari telur hitam mistik. Legenda menyebut bahwa konsumsi sebutir telur rebus hitam dari perairan Owakudani bisa memperpanjang usia sebanyak 5 sampai 7 tahun.



Dengan harga 500 yen (Rp 57.000), satu kantung telur berisi lima butir. Di lokasi perebusan dekat sumber air, banyak pengunjung mengerubungi meja kayu panjang. Biasa kulit telur dikupas di atas meja tersebut. Sambil menyantap telur, pemandangan Gunung Fuji yang indah pun bisa terlihat dari sana.

(msa/odi)