Cuisinomane dan Hangry, Ungkapan Kata Kuliner Baru yang Ada di Tahun 2015 (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 17 Des 2015 11:11 WIB
Foto: David Burke
Jakarta -

Julukan atau sebutan untuk makanan tahun ini sudah banyak muncul. Seperti halnya Cuisinomane, ada juga beberapa julukan baru yang biasa ditujukan untuk makanan.

Kamus online Oxford English Dictionary banyak diadopsi dari makanan gaul tahun ini. Inilah beberapa kata-kata makanan yang menarik dan cukup populer untuk makanan tahun ini.

6. Hangry

Foto: Thinkstock

Keadaan menjadi begitu lapar sehingga Anda mudah marah atau tersinggung. Ini bukan suatu kata yang baru dan biasa digunakan untuk menggambarkan "memiliki gula darah rendah". Kata ini ditambahkan pada kamus online Oxford English Dictionary pada 2015.

7. Mayo
Mayo adalah hal yang sama seperti "mayonnaise". Cerita dimulai ketika Unilever (pembuat Mayonnaise Hellmann) dan American Egg Board mencoba untuk memaksa perusahaan makanan vegan Hampton Creek untuk mengubah nama produk eggless populer yang bernama Mayo. Mengutip dari Food and Drug Administration, untuk mayonnaise didefinisikan sebagai campuran minyak sayur, vinegar, kuning telur dan jus lemon.

Foto: Thinkstock

Perusahaan ini membujuk FDA untuk memesan Hampton Creek untuk mengubah nama. Tapi pengacara perusahaan berjuang kembali dengan alasan "Mayo" yang dimaksut bukanlah "Mayonnaise" dan karena itu, produk mereka tidak perlu sesuai dengan standar FDA. Akan tetapi isu mengenai mayo dan mayonnaise ini masih berjalan dan belum diselesaikan.

8. Piecaken
Piecaken merupakan pie panggang yang diletakkan di bagian tengah cake. Sebuah dessert berlapis yang dipanggang terpisah kemudian ditumpuk. Tradisi makanan isian dalam makanan lain disebut sebagai "engastration". Beberapa resep online menyebutnya sebagai pie cherry, pumpkin pie dan apple pie. Piecaken diperkenalkan tahun ini oleh pastry chef Zac Young dari restoran David Burke Group.

9. Wine O'click, Beer O'clock

Foto: Thinkstock

Seorang penilai pribadi dari waktu yang tepat untuk mulai minum-minuman tertentu. Kata ini ditambahkan ke kamus online Oxford English pada tahun 2015.

10. Zarf

Foto: Thinkstock
Kardus yang ditempatkan pada cangkir kopi untuk melindungi tangan dari suhu panas. Ini biasanya disebut sebagai “pegangan cangkir” di zaman modern. Tetapi “zarf” bisa juga digunakan sebagai hiasan pegangan cangkir kopi. Kata ini ditambahkan ke dalam kamus online American Heritage Dictionary pada tahun 2015.

(lus/odi)