Choux dan Marveilleux, Pastry Klasik Prancis yang Kembali Populer (1)

Lucia Essy Heriana - detikFood Rabu, 16 Des 2015 11:21 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sejak macaroon populer, kue-kue yang berasal dari Prancis pun ikut menjadi populer. Seperti choux pastry dan brioche.

Dilansir dari Forbes (15/12), inilah kue-kue asal Prancis yang kini populer di dunia.

1. Éclair



Christophe Adam, berkerja 15 tahun sebagai ahli pencicip makanan di Fauchon. Ia memperkenalkan Éclair de Génie 3 tahun lalu dan ia tidak hanya mengembangkan choux pastry berbentuk panjang dengan isian ini di Paris, namun hingga Asia. Ia adalah pelopor pembuat éclairs dengan rasa yang eksotis seperti Japanese Citrus Yuzu dan kacang pinus dengan caramel.

2. Choux



Maison de Choux dibuat sangat sederhana. Pastry tawar, diisi dengan cream yang rasanya seperti pistachios and hazelnut, rasa vanilla tradisional dan cokelat tanpa lapisan di luarnya. Di toko kue lainnya yang membuat choux, Popelini membuat lapisan di atasnya dengan kombinasi rasa seperti mawar dan raspberry, ada juga passion fruit dan susu cokelat.

3. Brioche



Guy Savoy, Chef 3-Michelin Star, memperkenalkan konsepnya, Goût de Brioche. Dengan rasa kacang mete dengan jahe, pictachio apricot, dan parmesan. Ia membuat Brioche dengan ukuran yang cukup untuk sarapan satu orang dan ada juga ukuran besar.

4. Marveilleux




Meringues diisi dengan isian cream. Sebagian ditaburi dengan kakao, parutan cokelat putih, atau karamel hazelnut. Marveilleux terdapat dua ukuran dan varian rasanya ada kayu manis, almond, hazelnut, kopi, dan cokelat putih dengan cherry.

(lus/odi)