Layan Antar Makanan Segar

Susu Segar Juga Bisa Dikirimkan Langsung ke Rumah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 21 Nov 2015 14:17 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Disamping sayuran dan barang keperluan harian, susu segar juga bisa dikirimkan langsung ke rumah. Para penjual menjamin kesegaran susu dengan proses pengemasan yang tepat.

Konsumsi susu segar memiliki banyak manfaat kesehatan diantaranya memenuhi kebutuhan protein harian, memberi asupan vitamin D dan kalsium, serta menyehatkan pencernaan. Tidak seperti susu kemasan yang mudah didapat di supermarket atau minimarket, susu segar biasanya dijual para pengecer susu langsung dari peternak hewan.

Usaha Rumah Susu Bekasi milik Edi Gunawan, misalnya, menjual susu kambing segar yang didapat langsung dari peternak di Bogor. Saat dihubungi detikFood (21/11), Edi menjelaskan ia melayani pesan antar susu kambing di sekitaran Bekasi saja.

Meski diantar, Edi menjamin kualitas susu tetap terjaga karena susunya dikemas dalam plastik ukuran 200 ml. “Ketika dikirim, susu juga diletakkan dalam wadah stryrofoam untuk menghindari paparan langsung cahaya matahari,” jelas Edi yang mengantar susunya menggunakan motor sendiri.

Lewat situs www.rumahsusu.id, Edi menjual susu kambing segar milikinya seharga Rp 47.000 per liter.



Selain susu kambing, banyak juga Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjual susu sapi segar. Salah satunya Safary Milk di Sawangan, Depok yang dirintis Anwar.

Anwar menginformasikan susunya benar-benar didapat dari sapi yang dipelihara sendiri. “Ada 50 sapi di sini. Dalam sehari bisa menghasilkan susu hingga 200 liter,” jelasnya kepada detikFood.

Guna menjaga kesegaran susu, Anwar memiliki teknik saat mengantar pesanan. “Susu murni harus dibekukan dalam freezer sebelum dikirim pada pelanggan. Jikapun susu belum beku, susu diantar menggunakan wadah cooler berisi es batu,” papar Anwar.

Ia menginformasikan susu murni sebaiknya tidak berada di luar ruangan selama lebih dari 2 jam. Anwar mengatakan, “Inilah mengapa Safary Milk biasanya diantar untuk pelanggan sekitaran Depok saja. Sebenarnya boleh saja ke luar Depok, ya asal itu tadi, tidak lebih dari 2 jam.”



Untuk memperpanjang masa simpan susu murni, sebaiknya susu dipasteurisasi dulu sebelum diminum. “Caranya susu dimasak di atas api kecil namun jangan sampai mendidih. Jika sudah ada buih di permukaannya, segera matikan api. Dinginkan susu sebentar, lalu masukkan kembali ke dalam freezer. Susu ini bisa tahan 1 bulan,” jelas Anwar.

Namun jika tidak dipasteurisasi, susu murni hanya bertahan 7 hari dalam freezer dan 2 hari dalam kulkas bagian bawah.

Dalam situsnya, www.tokosusuolahan.wordpress.com, Safary Milk dijual seharga Rp 8000 per kemasan 500 ml. Pengantaran dapat dilakukan dengan motor Safary Milk sendiri atau layanan ojek online. Terdapat minimal pemesanan, yaitu 10 kemasan berukuran 500 ml atau 5 liter susu sapi segar.

(adr/odi)
Galeri Foto
Video