Hot Pot dan Xiao Long Bao, Hidangan Penghangat Badan Asal China (2)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 17 Nov 2015 17:10 WIB
Foto: Thinkstock/ The Daily Meal
Jakarta - Hot Pot dan Xiao Long Bao adalah contoh hidangan China yang cocok untuk menghangatkan perut di musim dingin. Konsumsi keduanya ampuh memberi energi pada tubuh.

Jika bosan dengan sup ayam biasa, beberapa hidangan penghangat badan asal China ini bisa menjadi inspirasi.

5. Sup Daging Kambing



Di wilayah Ningxia Hui, sup daging kambing ini (Za Sui Tang) jadi makanan pokok. Daging kambing yang sudah direbus bersama isi perutnya dibumbui minyak cabai merah untuk memberi rasa pedas sekaligus menghangatkan badan kala cuaca dingin. Tambahan ketumbar membuat sup ini makin wangi dan kaya rempah. Daging kambing dapat diganti dengan daging sapi pada hidangan ini.

6. Sup Dumpling Udang



Hidangan bergaya Hong Kong ini dibuat dari udang cincang dan kulit pangsit. Kuah wonton yang hangat gurih menambah lezatnya sajian sup dumpling udang untuk musim dingin.

7. Slow-Boiled Soup



Hidangan bernama lokal Lao Huo Tang ini berasal dari provinsi Guangdong. Sup ini menjadi makanan pokok masyarakat Kanton yang terdiri dari herba China menyehatkan, salah satunya goji berries. Karena disajikan hangat, Slow-Boiled Soup menjadi pilihan tepat saat flu atau sedang cuaca dingin.

8. Xiao Long Bao




Hidangan China populer asal Shanghai ini kerap disebut sup dumpling. Kulit pangsit tipis berisi daging babi, ayam, sapi, atau seafood dengan kuah kaldu yang gurih hangat. Xiao Long Bao kemudian dikulus dan disajikan dalam wadah bambu kecil. Agar tak berantakan, terdapat teknik khusus untuk menikmati sup dumpling ini.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com