Wah, Restoran Ini Punya Layanan Antar Via Drone Pertama di Dunia!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 16 Nov 2015 12:44 WIB
Foto: Daily Mail Foto: Daily Mail
Jakarta - Restoran The Don di Inggris akan memanfaatkan drone untuk jasa layan antarnya. Guna mengoperasikan drone, pemilik restoran telah mengajukan izin resmi ke Civil Aviation Authority (CAA).

Drone atau pesawat tanpa awak kerap digunakan untuk kepentingan fotografi udara. Namun restoran The Don yang terletak di Milton Keynes, Buckinghamshire memanfaatkan drone Phantom 3 sebagai alat pengirim makanan. Kabarnya jasa layan antar via drone ini jadi yang pertama di dunia.

Dikutip dari Daily Mail (16/11), Aki Rahman selaku pemilik restoran mengatakan, “Saya bertekad mengalahkan Google dan Amazon dalam hal pengiriman barang menggunakan drone. Saya telah uji coba mengirim makanan ke rumah nenek saya dan semuanya berjalan lancar,” jelasnya.



Proses layan antar ini akan selalu dipantau di Elder Gate, dekat stasiun kereta api Milton Keynes Central. Drone bahkan akan merekam 'perjalanan' pengiriman makanan. “Saya menawarkan salinan film ini pada pelanggan jika mereka mau,” jelas Aki.

Saat ini Aki sedang menunggu izin dari CAA agar dirinya dapat mengoperasikan drone di area banyak gedung tinggi. “Saya yakin 80% diizinkan. Jika tidak, saya akan tetap mengirimkan makanan di daerah pedesaan atau di area terbuka seperti taman agar bisa memfasilitasi piknik pelanggan,” terang Aki.



Untuk mengirimkan makanan, sebuah tas thermal yang dapat mempertahankan kesegaran makanan digantungkan di bawah kaki drone. Aki menjamin tas ini aman alias tidak akan terjatuh.

Dalam urusan menu, The Don menyediakan ragam menu India autentik tanpa pewarna atau pengawet makanan. Beberapa menu populer antara lain madras, vindaloo, jalfrezi, dan Naga yang dibuat dengan cabai naga.

(adr/odi)