Tren Makanan Hitam

Bubur Saren Hingga Gatot, Sajian Tradisional Berwarna Hitam

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 13 Nov 2015 19:22 WIB
Foto: Soloblitz
FOKUS BERITA Tren Makanan Hitam
Jakarta - Bukan hanya burger atau mi saja yang berwarna hitam. Akan tetapi, jajan pasar tradisional ternyata sudah terlebih dahulu mempopulerkan warna hitam.

Dari daerah Jawa Tengah hingga Jawa Timur, Anda bisa mendapatkan sajian enak serba hitam. Ada gatot, bubur saren hingga minuman dingin dawet ireng yang pasti bikin Anda ketagihan.

1. Gatot
Gatot adalah salah satu kue tradisional yang berasal dari Gunung Kidul. Kue ini terbuat dari singkong yang dikeringkan atau biasa disebut dengan gaplek.

Warna hitam gatot dihasilkan dari singkong yang dikeringkan hingga jadi gaplek, setelah itu direndam dengan air kapur sirih selama 12 jam (semalaman). Kemudian gaplek yang berwarna hitam dicuci bersih kemudian dipotong kecil-kecil dan dikukus selama 2 jam.

Setelah itu, gatot dikukus dan disajikan dengan taburan kelapa parut. Agar lebih enak, beberapa orang juga menambahkan rasa dengan taburan gula pasir.

Foto: Traditionalfood

2. Bubur Saren
Bubur yang satu ini berasal dari Yogyakarta. Bahan dasarnya terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka, kemudian ditambahkan dengan merang. Campuran merang, akan membuat bubur menghasilkan warna yang hitam pekat.

Dalam proses pembuatannya, tepung beras, tepung tapioka, bubuk merang, pandan, daun jeruk, serai, jahe dan gula merah dimasak hingga mengental. Dan disajikan dengan kuah santan. Bubur hitam ini bisa dengan mudah Anda temui di kota Yogyakarta, tepatnya di Pasar Ngasem atau Pasar Beringharjo.

3. Lapis Jongkong
Kue lapis yang satu ini berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Bahan utamanya tidak beda dengan kue lapis pada umumnya yaitu tepung beras, tepung kanji dan santan. Bedanya adalah satu adonan berwarna hijau karena dicampur dengan air pandan dan suji. Adonan lapis berwarna hitam terbuat dari air abu merang.

 Foto: budaya-indonesia.org

4. Dawet Ireng
Mampir ke daerah Purworejo, Jawa Tengah Anda bisa mendapati es dawet berwarna hitam. Dawet merupakan minuman yang terbuat dari campuran tepung beras yang dicampurkan dengan abu merang atau jerami kering yang dapat menghasilkan warna hitam pekat dan abu-abu.

Rasanya enak dan biasanya disajikan lengkap dengan kuah santan plus gula merah. Agar semakin segar dan nikmat, Anda juga dapat menambahkannya dengan es serut dan potongan buah nangka yang wangi.

(lus/odi)
FOKUS BERITA Tren Makanan Hitam

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com