Injo Gogi Bap dan Soondae, Kuliner khas Korea Utara

Lucia Essy Heriana, Lucia Essy Heriana - detikFood Kamis, 12 Nov 2015 14:28 WIB
Foto: The Daily Meal
Jakarta -

Korea Utara, negara yang dikenal sangat tertutup ini ternyata memiliki ​makanan​ yang khas.​ Seperti​ Injo Gogi Bap dan Soondae ​yang ​dapat Anda coba jika berkunjung ke negara ini!

Kesenjangan antara orang kaya dan miskin di Korea Utara sangat signifikan, dengan rata-rata warga yang memiliki pendapatan tahunan $ 1.000​ (Rp. 14.000.000) ​hingga $ 2.000​ (Rp. 28.000.000).​ Mereka mengonsumsi makanan seperti nasi, jagung bubur, dan kimchi, dengan sedikit protein.

Negara yang sangat sulit untuk dikunjungi ini memiliki beberapa makanan yang menarik perhatian karena rasanya yang unik. ​Seperti rekomendasi The Daily Meal (11/11) ​​berikut ​ini, ​makanan unik asal Korea Utara​ yang patut Anda cicipi jika mampir ke negara ini.​

​1.​Injo Gogi Bap
Makanan jalanan populer ini berevolusi karena kelaparan pada tahun 1990-an. K​etika Korea Utara tidak membiarkan makanan dibuang maka sisa kedelai dibuat menjadi sosis​. K​ini, Injo Gogi Bab populer dengan kelezatannya. Makanan ini disajikan dengan saus pedas dan nasi.

​2.​Kimchi



Makanan Korea Utara yang satu ini biasanya dikonsumsi sehari-hari. Kimchi adalah hidangan fermentasi yang terdiri dari mentimun atau kubis yang direndam dalam air garam dan dicampur dengan cabai, bawang putih, jahe, dan kadang, kimchi dibuat dengan pasta kacang.

​3.​Bubur Jagung
Bubur yang dibuat dengan bahan utama jagung merupakan menu sarapan pokok yang umum di Korea Utara.

​4.​Naengmyun



Mie dingin, disebut juga naengmyun, merupakan bagian dari makanan populer Korea Utara lainnya. Dibuat dengan gandum, soba, dan kentang yang disajikan dengan kuah kaldu sapi. Makanan ini sangat disukai, terutama saat musim panas.

​5.​Bulgogi
Ini hidangan ​BBQ​ Korea Utara sering disajikan di restoran. Daging yang diasinkan ini biasanya disajikan salam restoran dan pengunjung dapat memasak sendiri di atas api arang atau kompor gas kecil.

​4.​Sinseollo



Makan malam di Pyongyang, ibukota Korea Utara, memiliki kisaran harga antara $ 7 ​(98.000) ​dan $ 40​ (Rp. 560.000)​ tergantung pada tempat yang dipilih. Sinseollo, makanan khas yang hanya terdapat di restoran. Terdiri dari sayuran mentah, daging, dan dumplings. Makanan akan disediakan dalam panci air dan bara api jadi Anda dapat memasak makanan itu sendiri.

​5. ​Soju
Meskipun orang terkaya di Korea Utara mampu untuk mengimpor alkohol, tapi warganya minum Soju, anggur beras dengan ABV 23 % juga dijual di Amerika Serikat.

​6. ​Soondae



Soondae adalah salah satu ​jajanan kaki lima​ versi Korea Utara. Bentuknya menyerupai sosis yang biasanya dibuat dengan jahe segar, biji wijen, daging sapi, atau usus kecil babi.

​7.​Yubu Chobap



Beda dengan ​jajanan kaki lima​ khas Korea Utara, istofu adalah hidangan tofu yang diisi dengan beras sehingga dapat mengenyangkan perut.

(msa/odi)