Jeruk Segar Kaya Khasiat

Olah Kulit Buah Jeruk Jadi Manisan yang Legit Segar

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 10 Nov 2015 14:56 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Hampir semua buah-buahan bisa diolah jadi manisan, termasuk buah jeruk. Hanya saja, manisan yang satu ini dibuat dari sisa kulit.

Daripada dibuang, Anda dapat mengolah kembali buah kulit buah jeruk. Rasanya yang manis dengan aroma citrus yang segar membuat manisan ini jadi idola banyak orang. Tertarik membuatnya di rumah? Yuk, ikuti langkah mudah ini.

1. Bahan
Siapkan 2 buah jeruk navel, 250 gr gula pasir untuk merebus dan 350 ml air dan 100 gram gula pasir untuk taburan.

Foto: Thinkstock

2. Kupas dan potong
Cuci dan kupas buah jeruk navel, sisihkan dagingnya. Hilangkan sedikit bagian berwarna putih yang berbentuk mirip seperti sponge pada bagian kulit jeruk. Potong kulit jeruk dengan bentuk korek api dengan lebar sekitar 1 cm.

3. Rebus kulit jeruk
Siapkan panci berukuran sedang, masukkan air secukupnya dan masak hingga mendidih. Tambahkan kulit jeruk, rebus hingga kulit berubah warna sekitar 5-10 menit. Tiriskan dan buang air rebusannya. Ulangi proses perebusan satu kali lagi dan tiriskan.

Foto: Thinkstock

4. Buat manisan
Tambahkan 300 ml air kemudian campurkan gula pasir dan rebus hingga mendidih. Masukkan kulit jeruk, kecilkan kompor hingga air rebusannya mengeluarkan letupan kecil dan air berkurang. Sebaiknya jangan diaduk-aduk terlalu sering agar tidak terjadi proses pengkristalan.

Foto: Thinkstock

5. Beri taburan gula
Setelah airnya berkurang, biarkan jeruk dingin dalam larutan gula. Setelah itu, tiriskan dengan cara meletakkan manisan di atas saringan kawat. Lumuri dengan gula pasir, kemudian dikeringkan selama sehari di tempat kering dan sejauk. Simpan dalam stoples kaca atau wadah bertutup.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com