Jeruk Segar Kaya Khasiat

Lemon Tea Hingga Es Kelapa Jeruk, Minuman Populer Berbahan Jeruk

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 09 Nov 2015 15:11 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Cuaca yang panas membuat tubuh kehilangan cairan. Segarkan tubuh dengan racikan minuman segar berbahan jeruk. Rasanya sedikit asam tetapi bisa tingkatkan kesehatan dan juga atasi dahaga.

Jeruk mengandung vitamin C yang dapat cegah sariawan dan juga tingkatkan sistem imun. Saat bosan dengan teh atau es kelapa, Anda bisa menambahkannya dengan perasan jeruk dan juga lemon. Berikut ini beberapa sajian minuman populer yang enak dengan tambahan jeruk.

1. Lemon tea

Foto: Detikfood

Minuman jeruk yang satu ini terbuat dari campuran lemon. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan 1 kantung teh seduh, 1 buah lemon, madu dan juga air hangat. Jika udara dingin, paling pas Anda dapat menyeduhnya dengan air hangat saja tapi jika cuaca panas, Anda dapat menambahkannya dengan es batu. Jangan lupa tambahkan irisan buah lemon agar semakin segar.

2. Es jeruk

Foto: Thinkstock

Untuk membuat es segar, Anda cukup memeras jeruk peras dan tambahkan gula serta es batu. Biasanya, banyak orang yang mengonsumsi es jeruk dengan bakso atau makanan gurih lainnya.

3. Es kelapa jeruk

Foto: Detikfood

Minuman yang terbuat dari buah kelapa muda sangat menyegarkan. Jika bosan dengan rasa kelapa yang asli, Anda dapat menambah kesegaran dengan mencampurkan kelapa muda dengan jeruk peras.

Untuk membuatnya, Anda dapat mencampurkannya dengan jeruk peras dengan gula pasir dan air kelapa serta campurkan daging buah kelapa. Rasanya segar dan juga manis asam. Sangat cocok sebagai penghilang dahaga.

4. Es mentimun

Foto: Detikfood

Mentimun mengandung pottasium yang dapat membantu jaga keseimbangan mineral dalam tubuh. Sayuran ini terdri dari 96 persen air. Kandungan air yang tinggi dapat membantu tubuh atasu dhidrasi, cegah kelelahan dan sangat penting untuk pembentukan air liur dan juga pendinginan tubuh melalui keringat. Agar lebih segar, buatlah mentimun serut yang dicampur dengan air jeruk nipis serta gula dan disajikan dingin. Slurp, segar!

5. Mojito lime tea

Foto: Thinkstock

Minuman yang satu ini tidak dibuat dengan tambahan alkohol. Tapi hanya diracik dengan black tea, lemon dan juga ditambahkan dengan beberapa lembar duan mint dna juga es batu. Rasanya sangat segar dan cocok dinikmati saat cuaca sedang panas.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com