Jeruk Segar Kaya Khasiat

Inilah 4 Brand Minuman Soda Rasa Jeruk yang Populer

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Senin, 09 Nov 2015 09:45 WIB
Foto: Wikipedia
Jakarta -

Setiap sari dari bulir buah citrus ini telah menjadi produk industri minuman legendaris. Bahkan ada yang hadir sejak tahun 1930 dan masih digemari banyak orang.

​Rasa asam segar dan manis dengan krenyes soda disukai banyak orang. Apalagi soda rasa jeruk ini diminum dalam keadaan dingin. Beberapa brand soda dengan rasa jeruk ini ​​disukai orang hingga sekarang.​

1. Sunkist



Sunkist adalah merk dagang dari Dr Pepper yang telah memasarkan produk pertamanya, yaitu minuman kaleng rasa jeruk dengan soda. Pertama kali diluncurkan tahun 1979, di Amerika Serikat, Sunkist dibuat dari ide Mark Stevens, yang pada saat itu melihat brand Fanta dengan rasa jeruk sangat disukai banyak orang.

Di dalam setiap kalengnya, Sunkist mengandung air berkarbonasi, gula, asam makanan, perasa, pewarna, dan pengawet. Sunkist sendiri sudah menyebar ke banyak negara, termasuk Inggris, Australia, Kanada, Filipina, dan beberapa negara lainnya.

2. Mirinda



Lebih lama dari Sunkist, Mirinda memulai penjualannya pada tahun 1959 di Spanyol. Mirinda yang berarti 'hebat' ini juga telah tersebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dengan menyuguhkan rasa jeruk sebagai salah satu rasa utama, minuman kaleng bersoda ini juga menyediakan rasa apel, nanas, hibiscus, semangka, dan banyak rasa lain. Sejak tahun 1970, Mirinda resmi menjadi merk dagang PepsiCo dan menjadi minuman paling laris di India dengan rasa lemon dan jeruknya.

3. Fanta



Ingat minuman soda rasa jeruk, pasti ingat Fanta. Brand ini masuk ke dalam The Coca-Cola Company dan berasal dari Jerman pada zaman Nazi di tahun 1940. Sejarah terciptanya Fanta ini karena sulitnya mengimpor Coca-Cola ke luar Jerman karena embargo perdagangan pada waktu itu. Akhirnya, produsen Coca-Cola pun membuat produk baru dengan menggunakan bahan-bahan yang masih ada di Jerman. Mereka pun menciptakan Fanta, minuman dari whey dan pomace lalu berhasil mendistribusikannya ke seluruh dunia hingga sekarang. Fanta dengan rasa jeruk pun masih jadi favorit banyak kalangan dalam bentuk kaleng maupun botol kaca.

4. Orangina



Jika minuman bersoda lainnya hanya dengan rasa jeruk saja, lain lagi dengan brand minuman dari Prancis ini. Orangina adalah minuman bersoda di dalam botol kaca dengan campuran rasa 4 buah sitrus sekaligus, yaitu jeruk, lemon, mandarin, dan grapefruit.

Pertama kali diproduksi di Prancis tahun 1935, minuman ini populer di bumi Eropa dan Amerika Utara. Kesegaran 4 buah sitrus ini membuat produsen Suntory mengambil alih Orangina pada tahun 2009 dan Orangina sampai sekarang masih menjadi minuman kesukaan anak-anak dan remaja Eropa.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com