Jeruk Segar Kaya Khasiat

Mau Menikmati Dessert Segar? Buat Saja Orange Sorbet Praktis Ini

Maya Safira - detikFood Minggu, 08 Nov 2015 14:40 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bosan dengan es krim? Coba nikmati saja sherbet atau sorbet yang tak kalah dingin segar. Pemakaian jeruk membuat rasanya makin enak.

Dessert beku seperti es krim tentunya sangat menyejukkan di udara panas. Jika ingin lebih sehat, coba saja buat dessert lain seperti sherbet. Dessert ini mirip dengan sorbet tapi memakai sedikit susu agar lebih creamy.

Jeruk bisa jadi pilihan rasa untuk sherbet. Penggunaannya memberi aroma wangi segar. Yuk, buat orange sherbet praktis dengan cara berikut ini.


1. Siapkan bahan



Untuk membuat sherbet diperlukan 150 gr gula pasir, 100 ml air, 500 ml air perasan jeruk, 325 ml susu, 3 sdm irisan tipis kulit jeruk, 2 sdt perasan jeruk lemon, ½ sdt garam, dan 1 sdt vanilla extract.


2. Buat larutan gula



Dalam panci, masukkan air, gula pasir dan irisan kulit jeruk. Masak dengan api sedang sampai gula larut.


3. Campurkan air jeruk



Tambahkan air jeruk, air lemon, vanilla extract, garam dan susu ke dalam larutan gula. Masak sambil diaduk sampai tercampur rata.


4. Bekukan sherbet



Pindahkan olahan sherbet ke dalam wadah tertutup. Kemudian masukkan ke dalam lemari es selama 1-2 jam. Lalu aduk dengan blender sampai agak lembut butiran esnya. Simpan kembali dalam freezer selama 3-4 jam atau semalaman. Sajikan sherbet dengan garnish mint.




(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com