Jeruk Segar Kaya Khasiat

Jeruk Pontianak dan Jeruk Berastagi, Jeruk Lokal Populer yang Manis Segar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 06 Nov 2015 19:04 WIB
Foto: Wikipedia
Jakarta - Indonesia punya jeruk lokal yang kualitasnya tak kalah dari jeruk internasional. Jeruk Pontianak dan Berastagi termasuk diantaranya.

Medan dan Tawangmangu adalah kota penghasil jeruk di Indonesia. Keduanya menghasilkan buah jeruk yang manis dan segar.

1. Jeruk Medan

Foto: Flickr

Jeruk bernama ilmiah Citrus sinensis (L) ini berukuran sedang dengan warna oranye, kuning, atau hijau kekuningan. Ciri lainnya adalah permukaan kulit yang halus, wangi harum, dan rasanya yang manis. Jeruk yang merupakan produk agroindustri Sumatera Utara ini dapat langsung dikonsumsi tanpa diolah terlebih dulu.

2. Jeruk Pontianak

Foto: Wikipedia

Jeruk Pontianak adalah jeruk siam atau Citrus nobilis var microcarpa yang berkulit tipis dan licin mengkilat. Rasanya yang manis membuat jeruk Pontianak banyak disukai. Jeruk ini mirip dengan jeruk Medan hanya saja warna kulitnya dominan hijau.

3. Jeruk Bali

Foto: Thinkstock


Jeruk yang satu ini mudah dikenali karena ukurannya yang besar dan kulitnya yang tebal. Jeruk Bali atau pomelo sebenarnya bukan berasal dari Bali, tetapi banyak ditemukan di Pati, Kudus, Magetan, dan Madiun. Buah ini memiliki bulir-bulir yang besar dengan rasa asam, manis, dan sedikit pahit. Enak dimakan langsung atau dijadikan campuran salad.

4. Jeruk Tawangmangu

Foto: Wikipedia

Jeruk Tawangmangu sempat jadi komoditas pertanian utama Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah. Jeruk ini termasuk jeruk keprok yang punya rasa manis dan aroma khas. Kulit buahnya halus dengan warna hijau kekuningan. Sementara daging buahnya bertekstur lunak dan berair banyak.

5. Jeruk Berastagi

Foto: Tips Petani

Jeruk Berastagi merupakan jenis jeruk Washington Navel Orange (WNO) yang banyak ditanam di Brastagi, Sumatera Utara. Buahnya berbentuk bulat dengan permukaan agak halus. Daging buahnya bertekstur lunak, mengandung banyak air, dan warnanya hijau kekuningan. Rasanya yang manis dan baunya yang harum membuat jeruk Berastagi digemari banyak orang.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com