Jelajah Gizi 2015

Yuk, Bikin Pisang Rai yang Lembut Legit Khas Bali!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 01 Nov 2015 12:21 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Bosan dengan pisang goreng? Coba buat pisang rai yang empuk manis. Jajanan pasar khas Bali ini dibuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah.

Dalam acara Jelajah Gizi 2015 di Pulau Nusa Lembongan (31/10), Chef Muto bersama Sarihusada memperagakan cara membuat pisang rai yang sehat dan enak.

1. Bahan



Siapkan pisang raja atau pisang ambon, tepung terigu, tepung beras, air, gula merah, kelapa parut, nangka, dan gula merah cair. “Biasanya pisang rai dibuat dari pisang raja yang tingkat kematangannya sedang. Pisang ini punya tekstur agak keras dan rasa manis saat digigit. Namun sekarang saya buat dengan pisang ambon,” jelas Chef Muto. Pemakaian tepung terigu dan tepung beras dalam jumlah secukupnya, dengan perbandingan 5:2.

2. Proses pembuatan



Buat adonan dari tepung terigu dan tepung beras. Potong pisang kecil-kecil kemudian lumuri dalam adonan. Sementara itu rebus air hingga mendidih. “Jika buih air sudah terlihat, segera rebus pisang sebentar.” Selama kurang lebih 2 menit, adonan tepung pisang mulai mengeras dan pisang bisa diangkat.

3. Balut kelapa parut



Tempatkan pisang dalam piring saji kemudian taburi dengan kelapa parut segar sesuai selera. “Kelapanya tidak perlu direbus, cukup diparut mentah. Ada rasa gurih alami dari pemakaian kelapa parut ini,” terang Chef Muto.

4. Sajikan



Sajikan dan hias sesuai selera. Agar manis legit, siramkan saus gula merah dan potongan nangka. Pisang rai pun siap dinikmati.
 

(msa/odi)