Wah, Biskuit dari Sekoci Titanic Ini Dilelang Seharga Rp 207 Juta!

ADVERTISEMENT

Wah, Biskuit dari Sekoci Titanic Ini Dilelang Seharga Rp 207 Juta!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 29 Okt 2015 18:49 WIB
Foto: Thinkstock / BBC
Jakarta - Selembar biskuit yang selamat dari peristiwa ​tenggelamnya kapal ​Titanic akan dilelang di Inggris. Perkiraan harga lelangnya mencapai Rp 207 juta!

Biskuit The Spillers and Bakers disimpan oleh James Fenwick, salah seorang penumpang kapal SS Carpathia yang dikerahkan untuk menyelamatkan penumpang Titanic. Fenwick menyimpan biskuit dalam amplop bertuliskan “Biskuit dari sekoci Titanic April 1912.”



Biskuit yang merupakan bagian dari survival kit sekoci Titanic ini dilelang oleh Henry Aldridge & Son di Inggris pada 24 Oktober. Harga jualnya diperkirakan sebesar 8.000 hingga 10.000 poundsterling atau sekitar Rp 165 juta hingga Rp 207 juta.

“Kami tidak tahu biskuit ini berasal dari sekoci mana, tetapi sepengetahuan saya tidak ada biskuit seperti ini. Sangat luar bisa mengetahui ada biskuit yang 'selamat' dari peristiwa dramatis,” ujar juru lelang Andrew Aldridge.

Ia menambahkan, “Biskuit ini adalah biskuit paling berharga di dunia.” Sebelumnya ada juga biskuit bersejarah dari eskpedisi Shackleton yang terjual 3000 poundsterling atau sekitar Rp 62 juta.




Selain biskuit, foto milik Fenwick juga ikut dilelang. Foto ini menampilkan Fenwick dan istrinya yang baru dinikahi, Mabel saat berfoto di depan kapal SS Carpathia bersama pasangan lain.

Pelelangan barang-barang Titanic bukanlah yang pertama kali. Pada 31 Maret 2012, daftar menu makanan di kapal tersebut dilelang hingga Rp 1,5 miliar! Dalam daftar menu Titanic di hari tenggelamnya tertulis menu eggs Argenteuil, consomme fermier, chicken a la Maryland, galantine of Chicken, hingga grilled mutton chops.



Saat pertama kali dibuat, Titanic diklaim tidak dapat tenggelam. Nyatanya kapal ini justru tenggelam di pelayaran perdananya dari Southampton menuju New York pada 14 April 1912.

(lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT