Rambut Berminyak? Atasi dengan Masker Lidah Buaya, Teh dan Lemon

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 26 Okt 2015 18:40 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Seperti tubuh, kulit kepala juga perlu nutrisi sehat. Gaya hidup sehat juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut dari dalam, termasuk atasi kulit berminyak.

Beberapa produk seperti minyak rambut, shampo dan kondisioner merupakan bahan yang sangat membantu untuk mempertahankan kesehatan rambut dan kulit kepala. Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, dapat dengan mudah bau dan ketombe.

Selama musim panas kelenjar minyak pada kulit kepala bisa melepaskan sebum. Beberapa bahan alami ini ternyata bisa membantu hilangkan minyak dari kulit kepala​.​

1. Lidah buaya
Cara untuk menghilangkan minyak dari rambut secara alami adalah dengan lidah buaya. Kandungannya bisa mengontrol produksi minyak berlebih dan zat antioksidan juga dapat membersihkan kulit kepala. Anda dapat mengupas kulitnya dan menghaluskannya kemudian ​oleskan​ pada kulit kepala selama 15 menit sebelum dibilas.



2. Cuka apel
Cuka apel mengandung sifat alami yang bisa menjadi solusi rambut berminyak. Ambil 2-3 sendok cuka apel dan encerkan dengan secangkir air kemudian cuci rambut dengan cuka. Setelah itu, Anda dapat membilasnya hingga bersih atau keramas dengan shampo yang biasa.

3. Teh dan lemon
Untuk menghilangkan minyak berlebih pada rambut Anda dapat melakukan beberapa cara ini. Anda dapat merebus daun teh selama 10 menit, biarkan dingin. Kemudian tambahkan dengan jus lemon dan terapkan pada rambut secara menyeluruh selama 5 menit sebelum dicuci. Asam tanat dalam teh dapat membantu hilangkan kelebihan minyak dari rambut dan juga kulit kepala.



4. Mint dan rosemary
Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kelebihan minyak dari rambut adalah dengan mencampurkan beberapa bahan. Anda dapat mencampurkan satu sendok makan rosemary dan daun mint dengan dua cangkir air panas. Peras satu buah​ jeruk​ lemon dan tambahkan jusnya dengan air ​ lalu ​

campur dengan air rosemary dan mint. Gunakan racikan air ini sebagai pembilas rambut untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit kepala.

(lus/odi)