Ini Cara Menggoreng Lele agar Renyah Gurih Rasanya!

ADVERTISEMENT

Olahan Lele Lezat

Ini Cara Menggoreng Lele agar Renyah Gurih Rasanya!

Odilia Winneke - detikFood
Senin, 26 Okt 2015 10:16 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Terlihat gampang, tetapi seringkali lele goreng hasilnya kurang memuaskan. Bagian perutnya masih lembek dan aromanya anyir. Karenanya coba ikuti trik ini.

Sebelum menggoreng lele, pastikan lele sudah bersih benar, tidak ada sisa darah dan benar-benar sudah tiris. Selanjutnya, ikuti langkah berikut ini.

1.Kerat-kerat



Agar bumbu bisa meresap dengan baik, kerat-kerat sedikit kedua sisi badan lele. Jangan terlalu dalam karena nantinya daging lele akan terasa kering dan keras di bagian dalamnya.

2.Siapkan bumbu

Untuk 1 kg ikan lele (5-6 ekor), haluskan 4 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar, 2 cm empu kunyit, 1/2 sdt merica butiran dan 2 sdt garam. Siapkan juga 1 buah jeruk nipis dan ambil airnya. Kemudian aduk bumbu halus dengan air jeruk nipis hingga rata.

3.Merendam bumbu

Lumuri badan lele dengan bumbu halus hingga rata. Diamkan minimal selama 30 menit agar bumbu meresap.

4.Menggoreng



Panaskan minyak banyak dalam wajan. Jumlah minyak harus cukup untuk merendam lele. Panaskan di atas api sedang hingga cukup panasnya. Masukkan lele berikut bumbunya, pastikan lele terendam bumbu. Biarkan hingga seluruh badan lele kering, termasuk kepalanya lalu angkat dan tiriskan. Karena seluruh badan lele terendam minyak maka tak perlu dibolak-balik. Sajikan lele selagi hangat agar lebih terasa gurih renyahnya.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT