Olahan Lele Lezat

Ini Bedanya Pecak Lele dan Pecel Lele

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 23 Okt 2015 19:31 WIB
Foto: detikFood
Jakarta -

Pecak dan pecel adalah olahan ikan lele populer. Kedua istilah tersebut merujuk pada bahan dan cara pembuatan lele yang berbeda. Lalu apa bedanya?

Warung kaki lima di Jakarta banyak menjual nasi uduk dengan pecel lele. Sajian pecel lele yang dimaksud adalah ikan lele goreng yang dihidangkan bersama sambal terasi dan lalapan segar. Sajian ini sering juga disebut lele penyet karena kadang lele di'penyet' atau dipencet di atas sambal.

Istilah pecel tersebut mirip dengan pecek di Jawa Timur. Pecek adalah istilah umum untuk menyebut makanan yang dipenyet dengan sambal. Jenis makanannya sangat beragam seperti ayam goreng, tempe, tahu, hingga terong.

Sementara pecak adalah olahan khas Betawi. Selain gurame, lele juga kerap kali dibuat pecak. Ikan lele dibakar atau digoreng kemudian disiram kuah santan dengan bumbu cabai dan kemiri yang gurih. Daun kemangi segar menjadi pelengkap pecak.

Foto: detikFood

Ada juga yang membuat pecak dengan menambahkan kacang tanah dan kacang mede halus didalamnya. Kacang ini memberi tekstur sekaligus cita rasa gurih pada pecak.

Foto: detikFood

Versi lain dari pecak adalah ikan lele dengan siraman kuah sambal minimalis yang terdiri dari potongan cabai, bawang, dan jahe. Meski tergolong jarang, versi pecak yang satu ini masih bisa ditemukan di pinggiran kota Jakarta.

Mau pecak ataupun pecel, olahan ikan lele ini paling pas dinikmati dengan nasi hangat. Dijamin mantap mengenyangkan!

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com