Olahan Lele Lezat

Pecak Lele dan Botok Lele yang Bikin Ketagihan

Maya Safira - detikFood Jumat, 23 Okt 2015 17:56 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta -

Lele termasuk jenis ikan air tawar yang banyak digemari. Karenanya ada banyak hidangan tradisional berbahan lele di Indonesia.

Daging lele yang lembut cocok diolah menjadi berbagai makanan. Salah satu yang paling diminati adalah pecel lele. Selain itu, ada juga olahan lele tradisional lainnya seperti mangut lele dan pencok lele.

1. Pecel lele

Pecel lele menjadi olahan lele paling populer. Dapat terlihat dari banyaknya warung tenda yang menjajakan menu ini. Pecel dalam bahasa Jawa bukan hanya makanan yang berasal dari sayuran dan disiram kacang. Tapi semua makanan yang disantap bersama sambal. Pecel lele sendiri terdiri dari ikan lele goreng kering yang disantap bersama sambal pedas. Pelengkapnya berupa nasi putih dan lalapan.




2. Pecak lele
Hidangan lele lainnya adalah pecak lele khas Betawi. Pada olahan ini, ikan dibakar atau digoreng lalu diguyuri kuah santan berbumbu cabai dan kemiri. Daun kemangi segar jadi pelengkap pecak lele.

3. Pencok lele
Di Banyumas ada pencok lele yang cukup favorit. Ikan lele dibakar sampai setengah matang. Kemudian diolesi campuran bumbu halus dari bawang putih, cabai, gula merah dan garam. Ditambahkan juga air jeruk limau dan kecap manis. Ikan dibakar kembali sampai matang.



4. Mangut lele
Pada masakan ini, lele goreng diberi kuah mangut. Mangut semacam gule pedas encer khas Jawa. Untuk membuatnya, bumbu halus dicampur cabai, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam, dan jahe lalu ditumis bersama. Kemudian diberi tambahan santan, garam dan gula merah. Terakhir lele goreng dimasukkan kedalam bumbu. Dimasak sampai santan mengental dan semua bumbu meresap.



5. Botok lele
Selain goreng, lele juga bisa diolah jadi cara berbeda. Bumbu halus (bawang, ketumbar, kemiri, cabai, daun jeruk, serai) dicampur dengan kelapa parut, dan ikan lele. Kemudian campuran ini dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

(msa/odi)