Ragam Breakfast dan Brunch

Dakjuk dan Kimchi Jadi Menu Sarapan Sehat Orang Korea (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 20 Okt 2015 11:39 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bubur hangat menjadi sajian yang enak di pagi hari. Menu tradisional khas Korea juga masih banyak dijajakan di pinggir jalan dan biasa disantap sebelum bekerja.

Berbeda dengan pancake Amerika, Korea punya sajian pancake manis yang biasa disebut dengan Hotteok. Isiannya gula merah dan disajikan hangat sehingga cocok untuk disantap saat musim dingin. Selain Hotteok, ada beberapa menu sarapan lain yang enak dari Korea.

5. Hotteok

Jika ingin menyantap sarapan yang hangat dan manis Anda bisa mencicip Hotteok. Ini adalah pancake yang terbuat dari tepung, air, susu, gula dan ragi. Adonannya dipanggang dalam pan datar kemudian diisi dengan campuran rasa manis seperti gula merah, madu, kacang cincang dan bubuk kayu manis. Pancake manis ini sangat digemari oleh remaja dan anak-anak terutama sebelum mereka berangkat sekolah ataupun beraktivitas di pagi hari.

6. Dakjuk

Foto: Thinkstock

Setiap negara memiliki sajian bubur untuk disantap pada pagi hari, tak terkecuali Korea. Dakjuk merupakan bubur kental yang dipadukan dengan daging ayam. Dalam proses pembuatannya, rebusan kaldu ayam yang dicampur dengan bawang putih ini dimasak dengan nasi, potongan daging ayam dan telur. Aromanya gurih dan semakin lezat saat ditambahkan dengan potongan daun bawang. Sajian ini selalu menjadi menu sarapan masyarakat Korea karena hangat dan sangat mudah dicerna.

7. Soondubu Jiggae

Mencari sajian hangat pagi ini? Korea punya menu yang sangat lezat yaitu Soondubu Jiggae. Hidangan ini terbuat dari tahu, sayur, jamur, bawang, seafood seperti tiram, kerang dan udang serta potongan daging sapi atau babi. Dipadukan dengan kuah berwarna merah yang agak kental, karena ditambahkan dengan gochujang atau gochu garu.

Sup ini disajikan panas-panas dalam mangkuk keramik atau tanah liat. Sesaat sebelum disajikan, sebaiknya masukkan telur mentah untuk menambah rasa gurih dan creamy. Santap dengan semangkuk nasi putih dengan beberapa lauk gurih. Nyam!

8. Pajeon

Foto: Thinkstock

Pajeon sangat praktis dibuat, hidangan ini terbuta dari adonan pancake, telur dan irisan daun bawang serta sayuran. Rasanya gurih karena dipadu dengan kecap dan cuka untuk celupan sausnya. Pajeon memiliki banyak variasi dengan menambahkan bahan-bahan lainnya seperti seafood, kimchi ataupun sayuran.

Dalam proses pemasakannya, adonan dituangkan ke dalam wajan yang sudah diberi minyak. Pajeon bisa disantap dengan nasi ataupun jadi camilan gurih sehari-hari.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com