Ragam Breakfast dan Brunch

Dakjuk dan Kimchi Jadi Menu Sarapan Sehat Orang Korea (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 20 Okt 2015 10:53 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Seperti negara Asia lainnya, orang Korea juga menyantap nasi dan lauk-pauk sat sarapan. Korea punya makanan enak untuk sarapan. Mulai dari kimchi, pancake hingga bubur atau Dakjuk.

​S​ajian nasi berlauk komplet dengan aneka saus yang pedas manis ​jadi ciri khas sarapan oran​g​ Korea​. Di pagi hari orang Korea juga sering menyantap nasi dengan kimchi yang ​pedas​.

1. Kimchi

Kimchi merupakan hidangan nasional Korea. Makanan ini terbuat dari sayuran seperti kubis dan beberapa campuran sayuran lain seperti wortel dan mentimun. Sajian fermentasi ini memiliki rasa yang segar dan pedas, karena ditambahkan dengan bubuk cabai, bawang putih, daun bawang dan beberapa bumbu gurih lainnya.

Secara tradisional, kimchi disimpan di bawah tanah dalam ​guci​ selama berbulan-bulan untuk persiapan makanan di musim dingin. Tapi kini, kimchi hanya disimpan dalam suhu ruang dan setelah siap untuk dimakan bisa disimpan dalam kulkas. Kimchi biasanya digunakan sebagai teman makan nasi ataupun isian kimbap. Dan ini menjadi salah satu sajian favorit masyarakat dari berbagai usia di Korea.

2. Bibimbap

Foto: Thinkstock

Dalam bahasa Korea, "Bibim" berarti "campuran" dan "Bap" berarti nasi. Bibimbap atau biasa disebut dengan nasi campur ini disajikan hangat dengan berbagai lauk yang komplet. Nasi yang hangat bisa ditambahkan dengan tumisan daging, telur mentah atau matang dan beberapa sayuran rebus.

Untuk menambah citarasanya, bibimbap juga ditambahkan dengan saus pedas yang terbuat dari gochujang (pasta cabai khas Korea). Selain gochujang, Anda juga dapat menambahkan doenjang (kecap) serta pasta kedelai. Pada tahun 2011, CNN Travel menobatkan Bibimbap sebagai 50 makanan paling lezat di dunia.

3. Japchae

Japchae menjadi salah satu hidangan yang sangat populer di Korea. Hidangan ini terbuat dari mie yang terbuat dari ubi jalar yang disebut dengan dangmyeon. Mienya dimasak dengan sayuran seperti wortel, bayam, jamur dan bawang bombay kemudian dimasak dengan minyak wijen. Jangan lupa tambahkan dengan daging sapi dan bumbui dengan biji wijen dan irisan cabai. Sajian ini bisa disajikan panas ataupun dingin.

Walaupun terbuat dari mie, tetapi banyak juga yang menyantapnya dengan nasi. Jika Japchae dipadu dengan nasi biasa disebut dengan Japchae-bap.

4. Yangnyeom Tongdak

Foto: Thinkstock

Inilah yang disebut dengan Korean Fried Chicken. Berbeda dengan ayam berbalut tepung pada umumnya, ayam goreng bergaya Korea ini memiliki tekstur yang renyah dan agak lengket. Rasanya manis dan gurih dengan tambahan saus pedas. Beberapa penjual makanan di Korea sudah menjual Yangnyeom Tongdak sejak pagi hingga malam hari. Karena tak hanya untuk disantap dengan nasi, sajian ayam ini juga bisa dijadikan sebagai camilan.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com