Ragam Breakfast dan Brunch

Makanan Apa Saja yang Disajikan Dalam 'Continental Breakfast'?

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Senin, 19 Okt 2015 18:19 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Menu sarapan a la carte di hotel umumnya berupa American breakfast, continental breakfast dan Asian breakfast. Apa sebenarnya menu continental breakfast ini?

​Menu​ sarapan ini lahir dari maraknya pembukaan hotel-hotel​ di Amerika pada awal​ tahun 1800. Pertumbuhan hotel ini tak luput dari pertumbuhan ekonomi Amerika pada saat itu yang
​saat itu bertumbuh menjadi negara industri.

Pekerjaan kantoran seperti pengacara, dokter, dan akademisi membuat banyak orang harus menghabiskan waktu lebih banyak di kota. Inilah yang membuat banyak orang kemudian banyak tinggal di hotel.
​​




Hotel di zaman itu​ biasanya menyajikan continental breakfast sebagai sarapan. ​Banyak hotel yang menyajikan muffin, kopi, sereal dan susu, roti panggang, jus, bagel, dan juga telur orak-arik, bahkan waffle yang bisa dibuat sendiri!

Selain ragam continental breakfast tersebut, semua sajian ini dihidangkan dalam kemasan yang kecil. Kata 'continental' merujuk kepada sajian yang banyak dan bervariasi, dan juga merujuk pada sajian yang harganya mahal. Biasanya, hotel tradisional di Amerika menyajikan
​sarapan yang​ termasuk dengan biaya ​kamar ​hotel.



​Kini ragam menu continental breakfast juga mengalami perubahan. Jika awalnya menunya
​beragam kinilebih sederhana. Continental breakfast kini berupa pastry, kopi, teh, susu, roti, mentega, dan buah.

Beberapa bukti bahwa orang Amerika sudah menikmati continental breakfast juga terdapat di beberapa buku yang terbit di tahun 1800-an. Contohnya saja buku The Sanitarian yang ditulis pada tahun 1896: No one but the “Autocrat” ever talk much at the meal, for the viands were too tempting, – great beef steaks, hot rolls, buckwheat cakes, omelettes, potatoes, coffee, and even Mr. Emerson's pie. Then returned the travellers began to bring back tales of the refined Continental breakfast of coffee and roll.

Disebutkan​ bahwa wisatawan paling berpengaruh ​pada hidangan ini. Continental breakfast sendiri juga tak selalu disajikan di restoran hotel, bisa juga ada di lobby hotel atau motel.



​Kecuali ​continental breakfast, Amerika juga punya American breakfast. Hidangan ini lebih lengkap dan berat. Misalnya, ​menunya berup telur orak-arik, olahan daging seperti ham, bacon, atau sosis. Selain itu ada juga olahan kentang seperti mashed potatoes atau hash brown. ​Dilengkapi dengan ​jelly, sereal, hingga jus.



(tan/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com