Ragam Breakfast dan Brunch

Croque Madame dan Onsen Tamago, Sajian Telur Enak Asal Prancis dan Jepang (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 19 Okt 2015 10:01 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Beberapa negara memiliki menu telur yang lezat. Telur sudah dikenal sejak ​dulu karena nutrisinya yang kaya. Olahan telurpun sangat beragam dan enak.​

Beberapa ahli berpendapat konsumsi ayam sudah mulai sejak 6.000 SM di China. Zaman dahulu orang Roma masih mengonsumsi telur merak, China mengonsumsi telur merpati dan di negara lain juga banyak yang mengonsumsi telur burung camar, bebek hingga angsa.

Hal ini dikarenakan telur kaya akan protein dan menjadi satu-satunya bahan makanan yang memiliki gizi sempurna. Rasanya yang gurih membuat siapa saja menyukainya.

7. Israel



Shakshuka terbuat dari telur rebus yang dicampur bersama dengan bawang bombay, bawang putih, paprika dan pasta tomat. Ditambahkan dengan cabai dan juga jintan, hidangan ini bisa dinikmati saat sarapan, makan siang ataupun makan malam.

8. Italia

La Stracciatella ini adalah sup yang terbuat dari telur, keju parut dan sejumput pala serta ditambahkan dengan kaldu ayam plus wortel dan seledri. Sajian sup ini sering disajikan saat perayaan Paskah.

9. Jepang



Onsen tamago ini merupakan telur yang dimasak dengan suhu rendah. Makanan ini merupakan sajian tradisional Jepang yang dimasak secara lambat dalam mata air panas onsen di Jepang. Telurnya memiliki tekstur yang unik dengan bagian putih yang super lembut seperti custard dan kuning telur yang lumer. Telur ini disajikan dengan secangkir kecil kaldu dan kecap.

10. Meksiko



Huevos Rancheros secara harfiah memiliki telur peternak. Hidangan ini biasa menjadi hidangan saat sarapan yang populer. Hanya terbuat dari telur goreng yang disajikan dengan tortila jagung dengan siraman saus tomat. Beberapa orang juga sering menambahkan kacang ataupun guacamole atau irisan alpukat.

11. Tunisia

Brik atau Brick merupakan hidangan Tunisia yang berbentuk mirip dengan samosa. Versi Brik yang terkenal adalah dengan isian telur. Untuk menambah kelezatan, Brik tidak hanya diisi dengan telur tapi juga tuna, harissa dan peterseli. Teksturnya renyah dan hangat, sangat cocok disantap untuk camilan.

12. Inggris



Scotch egg, telur rebus yang dibungkus dengan adonan daging yang dilapisi tepung roti. Di Inggris, makanan ini sangat mudah untuk untuk ditemui salah satunya di supermarket dan beberapa sudut kota. Kadang-kadang scotch egg juga disajikan dengan saus mustard atau mayonnaise. Selain telur ayam setengah matang, scotch egg juga bisa di sajikan dengan telur puyuh.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com