Warung Tenda Seafood

Inilah Rahasia Sukses Usaha Warung Seafood

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 11 Okt 2015 09:08 WIB
Foto: Detikfood
FOKUS BERITA Warung Tenda Seafood
Jakarta -

Banyak usaha warung tenda seafood yang laris. Apa saja hal yang membuat usahanya ini menjadi semakin berkembang dan bertahan hingga puluhan tahun.

Kami berkesempatan untuk mengunjungi dua warung seafood legendaris yang ada di Jakarta. Salah satunya adalah Santiga Seafood yang sudah berusaha sejak 1989 dan Seafood 99 yang sudah ada sejak tahun 1972.

"Sejak dulu saya hobi sekali mancing," jelas Abeng yang sudah lebih puluhan tahun menggeluti usaha seafood.
 
Awal mulanya dengan modal yang pas-pasan Abeng menjual nasi uduk dan ayam goreng di warung tenda. "Semakin usaha saya ramai, justru banyak orang yang tanya ada ikan bakar ngga, ada seafood ngga," jelasnya.

Karenanya ia lebih berfokus kepada seafood tenda. Pria yang sudah memiliki 12 pegawai ini juga mengatakan, untuk membuat usaha seafood tentu perlu tekad yang kuat. Karena semua usaha pasti ada pasang surut dan gagal.

"Asalkan yakin dan tekun pasti bisa. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga harus segar agar konsumen nggak kabur karena rasanya tidak enak ataupun ikannya gak segar," tutur Abeng.

Berbeda dengan Abeng. Athai, pemilik seafood 99 justru telah meneruskan usaha keluarga lebih bermain dengan harga dan juga mempertahankan citarasa asli serta kualitas.

"Kawasan Pecenongan tidak seramai dulu. Karenanya untuk menjaga agar pelanggan tak kabur, selain mempertahankan citarasa asli dan resep asli kami juga tidak menjualnya dengan harga yang terlalu mahal," jelas Athai.

Sebelum membuka usaha seafood tenda, ada beberapa hal penting yang menjadi kunci kesuksesan usaha kedua warung tenda ini.

1. Kesegaran bahan

Ikan Bakar

Foto: detikFood

Kesegaran ikan dan seafood menjadi kunci utama. Minimal ikan harus diambil dua hari sekali dan seafood harus setiap hari. Selain itu, bumbu juga harus dalam keadaan segar. Perlu uji coba beberapa kali agar rasanya enak dan juga dibutuhkan standar resep akan citarasanya sama.

2. Lokasi



Foto: detikFood

Lokasi juga menentukan. Biasanya warung tenda seafood ini berdiri di pinggir jalan strategis atau tempat pusat kuliner, sehingga lebih mudah untuk dicari.

3. Rasa
Selain kesegaran, rasa juga perlu diperhatikan. Misalnya saja, saus padang yang enak memiliki kombinasi rasa pedas, gurih dan segar yang berasal dari nanas. Sedangkan saus mentega memiliki rasa gurih yang berasal dari mentega dan manis dari kecap Inggris.

4. Menu andalan



Foto: detikFood

Tak bisa dipungkiri, hampir semua warung tenda seafood punya menu andalan tersendiri. Seperti halnya Abeng punya menu andalan kepiting. Sehingga orang tak bingung untuk memesan menu apa ketika datang ke sini. Walaupun semua jenis menunya juga memiliki rasa yang enak dan menjadi favorit banyak orang.

(tan/odi)
FOKUS BERITA Warung Tenda Seafood