Warung Tenda Seafood

Jajan Seafood Segar Harga Bersahabat

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Rabu, 07 Okt 2015 19:02 WIB
Foto: Detikfood
FOKUS BERITA Warung Tenda Seafood
Jakarta - Mau ikan, udang, cumi, atau kepiting? Tak harus di restoran mahal, makan seafood di tenda juga tak kalah enak!

Seafood tenda telah lama menjadi favorit pencinta seafood. Warung ini gampang ditemui di berbagai daerah. Sekali lihat, orang-orang pasti sudah langsung tahu. Tenda terpal sebagai atap dan kain belacu yang bergambar dan bertuliskan menu langsung menarik perhatian.

Sesuai dengan namanya, warung tenda ini biasanya terbuat dari bangunan semi permanen dan tidak permanen. Dari balik kain belacunya, asap yang mengepul-ngepul dan kobaran api sudah menjadi pemandangan biasa. Walau pedih di mata, sensasi ini malah membuat orang semakin banyak berdatangan.

Namun, warung tenda seafood ini punya banyak kesamaan. Rata-rata kesamaannya terletak pada menu yang disajikan. Dalam menu ikan, udang, cumi, kepiting, hingga kerang punya pilihan saus yang sama. Saus lada hitam, saus padang, saus mentega, saus telur asin, saus mentega, saus asam manis, dan saus tiram.

Selain hasil laut, makanan pendamping tenda seafood juga serupa. Biasanya, ada cah kangkung, cah kailan, cah brokoli. Kata 'cah' merujuk pada sayuran yang ditumis atau tumisan.



Menu sayur dalam seafood ini rasanya telah jadi menu klasik. Mungkin saja ini karena budaya dan tradisi orang China yang suka menikmati seafood dengan sayur. Hidangan sayur ini juga bisa menjadi campuran sekaligus penyeimbang yang pas sajian seafood yang terkenal gurih dan berprotein tinggi.

Kecuali saus dan 'cah' yang terkenal, Anda yang pencinta gorengan juga bisa dimanjakan lidahnya. Ikan goreng hingga cumi goreng tepung juga jadi favorit banyak orang. Selain itu, sajian seperti mie dan sup juga kerap hadir, namun tak semua tenda menyediakannya.

Dalam seafood tenda, ikan yang sering disajikan juga beragam. Seperti ikan baronang, bawal, kue, kakap, hingga ayam-ayam. Walau bukan ikan laut, ikan gurame juga sering disajikan. Seiring berjalannya waktu, tenda seafood juga membuat ragam menu bergaya modern. Tak heran, di seafood tenda sudah tersedia menu sup asparagus dan hotplate.

Di Jakarta sendiri, ada beberapa tempat seafood yang telah melegenda. Diantaranya adalah kawasan kuliner Pecenongan dan Kelapa Gading. Karena berdekatan dengan pantai, Muara Karang juga terkenal dengan warung tenda seafoodnya.
 
Karena berbentuk tenda, biasanya gerai ini menawarkan harga yang bersahabat. Namun,harga seafood tenda termasuk tinggi karena bahan yang tidak murah. Apalagi, jika warung tenda seafood tersebut telah terkenal akan kelezatannya dan berubah konsep menjadi warung permanen.

(msa/odi)
FOKUS BERITA Warung Tenda Seafood