Ternyata Daging Buaya dan Kelinci Rasanya Mirip Daging Ayam

- detikFood Rabu, 30 Sep 2015 12:25 WIB
Cover: Thinkstock Cover: Thinkstock
Jakarta - Daging ayam memang sangat populer, selain harganya terjangkau juga mudah didapat​. Namun, ada beragam jenis daging hewan lain yang tekstur dan rasanya ternyata mirip daging ayam.​

Menurut Joe Staton dari Museum of Comparative Zoology evolusi makhluk hidup adalah penyebabnya. Dalam artikel penelitian ​berjudul ‘Taste Like Chicken?’ Joe menuliskan bahwa sifat evolusi yang baik dan sempurna menyebabkan kesamaan pada beberapa makhluk​.

​Seprti dikutip dari​ Foxnews (28/09) Joe mngatakan bahwa hampir seluruh burung memiliki tektur daging yang sama. S​ementara reptil dan ayam memiliki nenek moyang yang sama yaitu dinosaurus. Oleh karena itu tidak heran jika ada beberapa hewan memiliki tekstur dan rasa daging yang nyaris ​sama.


1. Buaya


Foto: Thinkstock

Mengonsumsi daging buaya merupakan salah satu hal yang baru dan rasanya sulit dipercaya​. M​embayangkan cara menangkap buaya dan mengulitinya saja sudah menyeramkan. Namun banyak yang tidak tahu bahwa daging buaya memiliki rasa dan tekstur yang mirip​ dengan daging ayam.

Menurut Staton, seorang pengamat perspektif evolusi,​ daging buaya dan daging ayam memiliki tekstur yang sama meskipun bentuk tubuhnya sangat ​jauh ​berbeda.

 
2. Kodok​


Foto: Thinkstock

Hewan amphibi ini sama sekali tidak memiliki postur tubuh yang sama dengan ayam, tapi nyatanya kaki k​odok memiliki rasa dan tekstur yang sama dengan sayap ayam goreng. Kaki atau paha kodok​ juga sangat nikmat dibumbui dan digoreng seperti cara menggoreng sayap ayam. Selain digoreng kaki kodok​ juga nikmat jika diolah dengan cara dipanggang atau dibakar.

 
3. Burung Puyuh


Foto: Thinkstock

Burung puyuh masih satu kerabat dengan ayam, tidak heran jika daging burung puyuh memiiki rasa dan tekstur yang sama dengan daging ayam. Perbedaan antara daging ayam dengan daging burung puyuh yaitu daging burung puyuh lebih sedikit dan lebih kering saat digoreng.

Selain dagingnya, telur burung puyuh juga sering dijadikan sebagai pengganti telur ayam karena keduanya memiliki rasa yang sama.

 
4. Kelinci


Foto: Thinkstock

Diantara beberapa hewan yang memiliki rasa dan tektur daging yang sama dengan daging ayam, daging kelinci adalah hewan yang paling mirip dengan daging ayam. Seperti halnya dengan daging ayam, daging kelinci juga mudah diolah dengan berbagai teknik dan beragam bumbu.





(tan/odi)