Kini Strawberry dan Bawang Putih Bisa Ditanam di Bawah Laut!

Tania Natalin Simanjuntak - detikFood Rabu, 30 Sep 2015 09:16 WIB
Foto: Oddity Central, Daily Mail Foto: Oddity Central, Daily Mail
Jakarta - Krisis lahan pertanian untuk pangan sudah bukan rahasia umum lagi. Untuk mencegahnya, bapak dan anak ini menciptakan metode alternatif yang unik!

Luca Gamberini adalah anak dari Sergio Gamberini yang telah membuat Nemo's Garden. P​royek ini berawal dari keresahan mereka yang menyayangkan tanaman makanan yang tidak tahan tumbuh ​lama di daratan. Tidak tahannya tanaman ini adalah karena cuaca yang tidak menentu, sinar matahari yang tidak cukup, serta adanya hama yang mengganggu.



Karenanya, mereka berdua akhirnya membuat Nemo's Garden, yaitu kebun makanan di dalam lautan. Kebun dalam air ini mereka harapkan bisa menjadi jawaban akan parahnya krisis pangan di masa depan. Hebatnya, sejauh ini mereka telah berhasil menanam strawberry, basil, kacang-kacangan, bawang putih, dan selada.

Proyek yang berada di pantai Savona, Italia ini ada di kedalaman 5 – 10 meter di bawah permukaan laut. “Target utama kami adalah untuk membuat sumber alternatif tanaman agar tercipta sumber pertanian dengan air, tanah, dan temperatur udara yang cukup,” kata Luca Gamberini.



Bibit tanaman di Nemo's Garden ditaruh di dalam suatu tabung dengan suhu udara 79 derajat pada siang dan malam, serta kelembaban sekitar 83%. K​ondisi ini dinilai sebagai kondisi ideal untuk tumbuhan hidup. Tingginya jumlah karbon dioksida juga mempercepat pertumbuhan makanan ini.

Walau sudah berhasil menanam macam-macam, Sergio tetap mencoba makanan lain untuk ditanam. Beberapa waktu ke depan ia ingin mencoba menanam​ jamur. Selain bisa menanam tanaman yang layak untuk dimakan, media tanaman yang menyerupai tabung ini juga menjadi rumah bagi hewan laut. Gurita dan kuda laut yang terancam punah ternyata senang berlindung di bawahnya.



Sebelum berhasil menanam strawberry dan sayuran ​lainnya, Sergio ternyata tak langsung berhasil. Butuh sekitar dua tahun untuknya mewujudkan tabung tanaman yang pas.



(tan/odi)