Kafe Unik di Texas Ini Pekerjakan Penyandang Down Syndrome

- detikFood Rabu, 23 Sep 2015 12:32 WIB
Foto: The Daily Meal
Jakarta -

Jika kafe umumnya dikenal karena makanannya berbeda dengan kafe ini. Keunikan kafe ini karena mempekerjakan penyandang down syndrome.

Hugs Cafe, kafe unik yang berada di Texas. Kafe ini mempekerjakan karyawan yang memiliki sindrom Down dan ganguan intelektual lainnya. Mereka dipekerjakan agar mereka merasa mempunyai tujuan hidup, dan tidak merasa terasingkan.

Down syndrome atau sindrom Down adalah kelainan genetik yang mempengaruhi perkembangan sepanjang hidup, menyebabkan ketidakmampuan intelektual, fisik, dan terkait masalah medis lainnya.

Menurut thedailymeal (23/09), mereka bekerja selama 10 sampai 15 jam per minggu. Karena kondisi mereka yang tidak sepenuhnya bisa bekerja seperti orang dewasa normal lainnya. Hal ini dilakukan agar mereka merasakan hidup seperti orang normal lainnya dan memiliki uang dari gaji mereka sendiri.






Menurut Ruth Thompson, pendiri kafe ini, banyak dari mereka dalam kesehariannya tidak melakukan apa-apa,karena orang tua mereka bekerja.

'Sama seperti orang normal lainnya mereka juga ingin dihargai, dan mereka tidak bisa mendapatkannya jika hanya berada di rumah', ujar Ruth.

Menurut data sensus AS,hanya 20 persen orang dewasa yang mengalami Down Syndrome dan gangguan intelektual lainnya dipekerjakan.Salah satunya di Hugs Cafe ini.

Seperti Mike Sessom, 52 tahun, dia bekerja selama sembilan jam dalam seminggu di Hugs Cafe sebagai kasir. Dia mengalami kerusakan otak parah setelah kecelakaan mobil 25 tahun yang lalu.

"Saya memiliki keterbatasan, dan saya tahu itu, tapi saya akan melakukan yang terbaik, ujar Mike.

Seperti juga Kalyn Bradley, seorang wanita 23 tahun dengan sindrom Down. Ia menjadi baker atau tukang roti utama kafe ini. Dia ingin menunjukan walaupun memiliki kekurangan, tapi dia dapat bekerja.

Sekarang ada beberapa kafe mempekerjakan karyawan yang memiliki sindrom Down. Selain Hugs Cafe di Texas, Down Cafe di Istanbul juga melakukan hal yang sama.



(tan/odi)