Ini Dia 5 Produk Makanan Berharga Mahal di Singapura

Maya Safira - detikFood Selasa, 22 Sep 2015 18:54 WIB
Foto: soshiok.com Foto: soshiok.com
Jakarta - Makanan berharga fantastis tersebar di berbagai negara. Termasuk teh dan garam mahal yang ada di Singapura.

Bayangkan menikmati teh dengan harga hampir mencapai Rp 2 juta per ​cangkir​. Namun minuman ini bisa didapat di gerai TWG Tea Singapura. Berikut beberapa makanan mahal lainnya yang ada di Singapura, seperti dirangkum SoShiok.com.

1. Teh Gold Yin Zhen
TWG Tea punya koleksi lebih dari 800 campuran teh berbeda. Termasuk teh Gold Yin Zhen. Dengan harga SG$850 (Rp 8,7 juta) untuk ukuran 50 gr, teh ini bisa menjadi salah satu jenis yang termahal di Singapura. Satu kilogram daun teh eksklusif tersebut bisa berharga SG$17000 (Rp 174,9 juta).

Daun teh putih Yin Zhen atau berjulukan jarum perak, disepuh emas 24 karat. Teh berasal dari Fujian yang merupakan salah satu daerah terkenal penghasil teh di China.

Teh yang tersedia di gerai TWG Tea ini memancarkan aroma hangat dengan jejak vanili dan karamel. Disebut juga teh memiliki rasa seperti kayu dengan after taste mineral. Untuk membuat se​cangkir​ teh Gold Yin Zhen, harus menuangkan air dengan panas 70 derajat Celcius ke dalam 2,5 gr daun teh. Kemudian didiamkan sekitar 15 menit.



2. Murray River Gourmet Salt Flakes
Biasanya garam mempunyai harga standar. Namun serpihan garam laut gourmet ini dihargai SG$10,50 (Rp 108.000) untuk 250 gr dan punya warna pink pucat. Secara alami garam dihasilkan dari asir asin bawah tanah di Murray-Darling Basin di wilayah tenggara Australia.

Garam mengandung mineral alami kaya manfaat seperti magnesium dan kalsium. Pembuatannya juga tidak memakai pewarna buatan, pengawet atau aditif. Serpihan garam yang tidak kadaluarsa ini cocok untuk garnish dan meningkatkan rasa makanan. Garam tersedia di Jasons The Gourmet Grocer, Ion Orchard.

3. Anggur Jepang Shine Muscat
Anggur tanpa biji berwarna hijau dan berukuran besar ini disilangkan dari dua jenis anggur berbeda. Anggur Shine Muscat terkenal akan kualitasnya yang tinggi dan tampilan tanpa cela. Sehingga harganya pun mencapai SG$88 (Rp 907.000) per 500 gr.

Anggur ini mengandung kadar gula tinggi dan keasaman rendah. Rasanya sangat manis tanpa ada jejak asam. Anggur yang dijual Meidi-ya Supermarket, Liang Court Shopping Centre tersebut langsung didatangkan dari Okayama, Jepang. Musimnya ada mulai awal Juli sampai akhir Oktober. Selain dimakan begitu saja, anggur bisa dipakai untuk membuat kismis atau white wine.



4. Murray River Gourmet Salt Flakes
Ener-G Foods memproduksi makanan vegan bebas gluten dan non-transgenik. Termasuk roti beras putih yang berharga SG$11.50 (Rp 118.500) per 454 gr. Roti ini cocok bagi pengikut gaya hidup sehat karena tidak mengandung gandum, gluten dan susu.

Bahan alternatif dipakai termasuk tepung beras putih dan tepung tapioka. Roti juga sudah melalui serangkaian tes untuk memastikan bahannya tidak dimodifikasi secara genetik. Meskipun mahal, roti jadi alternatif lebih sehat dibanding roti putih biasa. Roti beras putih tersedia di Jasons The Gourmet Grocer, Ion Orchard.



5. Madu Premium Manuka UMF 20+
Madu Manuka terkenal akan rasanya yang kuat. Diekstrak dari nektar bunga putih pohon Manuka, satu botol madu ukuran 500 gr dijual seharga SG$180 (Rp 1,8 juta).

Pasokan dunia madu Manuka berasal dari Selandia Baru. Tapi ada juga diasup dari wilayah tenggara Australia. Madu Manuka disebut memiliki aktivitas non-peroksida yang menghambat bakteri. Banyak studi menyebut madu tanpa tanggal kadaluarsa ini punya beragam manfaat kesehatan. Madu Manuka tersedia di gerai Honeyworld Singapura.

(msa/odi)