Lobster Biru dan Ayam Cemani, Hewan Langka yang Bisa Dikonsumsi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 22 Sep 2015 15:23 WIB
Foto: Green Fire Farms Foto: Green Fire Farms
Jakarta - Saking langkanya, hewan-hewan ini sulit ditemui. Beberapa diantaranya bahkan hanya dapat ditemukan secara kebetulan.

First We Feast (22/09/15) merangkum 5 hewan langka di dunia yang bisa dikonsumsi. Selain ayam cemani dari Jawa Tengah, ada pula hewan lain yang mungkin membuat Anda sedikit heran karena keunikannya.

1. White king salmon
White king salmon adalah salmon liar langka yang hanya ditemui di perairan murni Alaska. Karena kelangkaannya ini, white king salmon hanya disajikan khusus di beberapa restoran. Selain warna dagingnya yang putih, keistimewaan ikan ini terletak pada tekstur daging yang halus dan rasanya yang gurih. Populasi white king salmon dikabarkan kurang dari 1% total populasi king salmon.

2. Blue lobster

Foto: First We Feast

Perairan Maine di Amerika Serikat merupakan tempat ideal pengembangbiakkan lobster langka. Tahun 2014 seorang nelayan tak sengaja menemukan lobster biru yang diberi nama “Skyler.” Peneliti mengatakan warna biru pada lobster ini merupakan kelangkaan genetik. Saking langkanya, peluang menemukan lobster ini adalah 1 banding 2 juta. Meski bisa dikonsumsi, Skyler diserahkan ke akuarium Maine sehingga banyak orang dapat melihat keindahannya.

3. Blue-fat pig
Seorang peternak hewan terkejut ketika mendapati babi buruannya berdaging biru. Ia mengatakan babi ini nampak sehat dan normal dari luar. Peternak ini berencana mengirim sampel daging babi biru pada peneliti di UC Davis untuk mencari tahu darimana asal usul warna biru tersebut. Sebelumnya, tahun 2011 seorang wanita di China kaget setelah tahu potongan daging babi yang ia simpan di kulkas berubah warna menjadi biru. Kabarnya, warna biru berasal dari bakteri non-toksik di daging tersebut.

4. Ayam yang bisa menyala dalam gelap

Foto: First We Feast

Ilmuwan Inggris menciptakan ayam yang bisa menyala dalam gelap alias glow-in-the dark. Rekayasa genetika sengaja dilakukan agar ayam ini lebih kebal dari serangan flu burung. Kaki ayam dapat menyala karena disuntikkan protein tertentu. Walau belum mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat (FDA), bukan tidak mungkin ayam ini segera diolah jadi hidangan lezat di restoran.

5. Ayam cemani
Seluruh bagian tubuh ayam cemani berwarna hitam kelam, termasuk mata, kaki, tulang, hingga jeroannya. Ayam dari Kedu, Jawa Tengah ini dikabarkan dapat meningkatkan vitalitas pria. Ilmuwan menemukan warna hitam berasal dari fibromelanosis, sebuah gen yang menghasilkan hiperpigmentasi. Ayam cemani dijual seharga Rp 30 juta dan bahkan lebih. Saking 'mewahnya,' ayam ini dijuluki Lamborghini of chickens.

(adr/odi)