Agar Tak Kalap Saat Makan Prasmanan Lakukan Trik Ini (1)

- detikFood Selasa, 22 Sep 2015 11:47 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Makan dengan menu ‘all you can eat’ sangat menyenangkan. Tetapi Anda perlu mengatur strategi agar tak makan berlebihan.

Karena bebas mengambil sendiri dengan makanan beragam, Anda bisa jadi kalap dan akhirnya makan berlebihan. Padahal tak semua makanan yang disajikan dalam prasmanan perlu diambil. Beberapa trik ini bisa Anda lakukan untuk mencegah kalap makan.

1. Perhatikan Suasana
Mungkin ini bukan pengalaman pertama Anda makan di tempat makan prasmanan, namun bukan berarti Anda bebas berjalan kesana kemari mengelilingi maknanan tanpa memperdulikan situasi sekitar. Pastikan selalu memperhatikan situasi ruangan makan sehingga Anda bisa tahu hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di ruangan makan.



2. Jangan salah mengambil piring
Biasanya, restoran prasmanan menyediakan dua jenis piring yaitu piring besar dan piring kecil. Piring kecil digunakan untuk tempat roti, cake atau makanan kecil lainnya. Sementara piring besar digunakan untuk tempat hidangan utama.

Jika Anda ingin makan hidangan utama jangan sampai mengambil piring kecil. Selain Anda tak bisa mengambil porsi banyak juga terlihat sangat aneh. Jangan sampai kesalahan kecil ini membuat Anda terlihat aneh.



3. Gunakan alat untuk mengambil makanan
Meski menu makanan mudah diambil menggunakan tangan secara langsung seperti kerupuk, sebaiknya gunakan alat yang disediakan untuk mengambil makanan seperti penjepit atau sendok sayur.

Selain membuat Anda terlihat sopan, orang lain yang akan mengambil makanan juga tidak perlu khawatir dengan kebersihan makanan.

4. Jauhi makanan saat bersin
Ada beberapa aroma makanan yang dapat membuat hidung gatal dan ingin bersin. Jika ini terjadi pada saat berada di tempat makanan prasmanan sebaiknya Anda segera menjauh dari sekitar makanan.

Saat Anda bersin, saliva dari hidung atau mulut dapat bergerak cepat hingga 100 mil per jam. Tidak menutup kemungkinan saliva bisa tercampur ke dalam makanan. Jika memungkinkan sebaiknya Anda keluar dari ruangan atau menutupnya dengan tissue.



5. Ambil makanan secukupnya
Pastikan Anda tidak mengambil satu jenis makanan dalam porsi banyak, karena ini akan membuat Anda tak bisa mencicipi makanan lain. Cobalah untuk makan dalam porsi kecil, jika lapar Anda bisa menambah lagi.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com